LampungLampung Timur

Proyek Pembangunan Tangki Septik Skala Individual Perdesaan Di Kecamatan Pekalongan Diduga Mark-up Anggaran dan Jadi Ajang Bancakan

Avatar photo
40
×

Proyek Pembangunan Tangki Septik Skala Individual Perdesaan Di Kecamatan Pekalongan Diduga Mark-up Anggaran dan Jadi Ajang Bancakan

Sebarkan artikel ini

TintaInformasi.com, Lampung Timur —- Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Tahun Anggaran 2021 lalu, telah menggelontorkan anggaran senilai Rp 630 juta, guna membiayai pembangunan tangki septik skala individual untuk 50 kelapa keluarga (KK) atau 92 unit yang berada di Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Berdasarkan hasil investigasi media ini, diketahui bahwa pelaksanaan pembangunan tangki septik diatas dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang telha dibentuk sebelumnya, dan untuk kebutuhan material pembangunan, anggota KSM disuruh untuk mengambil material yang dibutuhkan di Toko Material yang telah ditentukan oleh Dinas.

Sementara, diketahui pula bahwa material yang digunakan untuk pembangunan unit tangki septik tersebut terdiri dari atap asbes, dinding grc, kayu kasau, pipa peralon, paku, kloset, besi rakitan, seplit, pasir, pintu pvc dan hok. Setelah dilakukan croscek total nilai material untuk pembangunan satu unit tangki septik tersebut berkisar antara Rp. 4 – 4,5 juta, sementara dalam pagu anggaran ditetapkan anggarannya sebesar Rp 7 juta.

“Kami tidak tahu berapa harga kloset tersebut, kami hanya disuruh untuk mengambil bahan material di toko yang ditunjuk oleh Dinas dan kalau kayu kasau itu saya beli dengan uang sendiri,” jelas Sucipto yang mengaku selaku anggota KSM.

Ditempat terpisah, Yurnalis selaku pemilik toko bahan bangunan yang berkerjasama dengan Dinas PUPR Lampung Timur dalam hal pengadaan material untuk pembangunan tangki septik skala individual perdesaan di Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan tersebut membenarkan bahwa pihaknya yang telah menyuplai kebutuhan material pembangunan.

“Benar kami yang menyediakan kebutuhan material pembangunan itu, sementara berapa rincian harga setiap jenis barang tersebut, kami lupa maklum itu harga tahun lalu,” pungkas Yurnalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *