LampungLampung BaratMasyarakat

Dang Ike: Sebaiknya Pj Bupati Lampung Barat Adalah Orang Yang Paham Karakteristik Daerah

Avatar photo
67
×

Dang Ike: Sebaiknya Pj Bupati Lampung Barat Adalah Orang Yang Paham Karakteristik Daerah

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG BARAT — Dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, H.Parosil Mabsus S.Pd. – Drs Mad Hasnurin, masa jabatan 2017 – 2022, yang telah di Paripurnakan oleh DPRD Kabupaten Lampung Barat beberapa waktu yang lalu, maka jabatan Bupati akan di isi oleh Pejabat Bupati (Pj).

Hal itu untuk melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada warga masyarakat Kabupaten Lampung Barat sampai ada Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

Untuk itu salah seorang tokoh yang berasal dari Bumi Beguai Jejama Sai Betik, yang juga pernah menjabat Kapolda Lampung pada masanya, Irjen Pol (Purn) DR. H. Ike Edwin S.H., M.H., M.M., atau yang akrab disapa Dang Ike, juga ikut menyumbang saran dan pemikiran tentang siapa saja sosok yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menduduki jabatan sebagai (Pj) Bupati Lampung Barat mendatang.

Ketika diwawancarai dirumah kediamannya Lamban Gedung Kuning (LGK), di jalan Pangeran Suhaimi, Sukarame, Bandar Lampung, terkait sosok Pejabat (Pj) Bupati Lampung Barat mendatang Dang Ike menyampaikan, Minggu (30/10/2022).

“Untuk Pj Bupati/Walikota itu kan harus berasal dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II a dan Eselon II b) seperti yang disebutkan pada UU No. 10 Tahun 2016 dalam Pasal 201 Ayat (11),” ujar Dang Ike.

Untuk itu menurut Dang Ike, ada beberapa nama pejabat Pemerintah Provinsi Lampung yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menduduki jabatan sebagai Pejabat Bupati Lampung Barat mendatang.

“Menurut saya banyak pejabat pemerintah provinsi Lampung ini yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menduduki jabatan (Pj) Bupati Lampung Barat mendatang, seperti Asisten Gubernur, Kepala Badan, Kepala Dinas, maupun Sekdakab,” ungkap Dang Ike.

Namun yang terpenting menurut Dang Ike adalah, pejabat tersebut harus paham dan menguasai daerah administrasi Kabupaten Lampung Barat.

“Yang terpenting saran saya, yang dipilih untuk menduduki jabatan (Pj) Bupati nanti adalah orang yang memahami dan menguasai daerah administrasi Kabupaten Lampung Barat, sehingga dia bisa melanjutkan program-program pembangunan mau pemerintahan pasca ditinggal oleh Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin sampai terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Definitif nantinya,” kata Dang Ike.

Ketika disinggung secara spesifik tentang siapa saja yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menduduki jabatan (Pj) Bupati Lampung Barat mendatang, secara Diplomatis Dang Ike manyampaikan beberapa nama yang menurut Dia memenuhi syarat dan kriteria.

“Penunjukan (Pj) Bupati itukan hak Prerogatif Mentri Dalam Negeri (Mendagri), namun apa salahnya kita sebagai masyarakat Lampung ikut memberikan saran dan masukan agar Mendagri tidak salah dalam menunjuk (Pj) Bupati Lampung Barat mendatang,” ucap Dang Ike.

Ada beberapa nama yang menurut Dang Ike memenuhi syarat dan kriteria untuk menduduki jabatan sebagai Pejabat Bupati Lampung Barat mendatang.

“Kalau menurut saya ada beberapa nama pejabat yang memenuhi syarat dan kriteria untuk menduduki jabatan sebagai Pejabat Bupati Lampung Barat mendatang, karena mereka pernah bertugas lama di Kabupaten Lampung Barat seperti Ganjar Jationo, yang saat ini menduduki Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan yang saat ini menjabat Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Nukman yang saat ini menjabat sebagai Sekdakab Lampung Barat,” ungkap Dang Ike.

Lanjut Dang Ike, siapapun yang ditunjuk sebagai Pejabat Bupati nantinya, dia berharap dapat menjaga netralitas, kondusifitas dalam menghadapi Tahun politik menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

“Siapapun yang ditunjuk sebagai Pejabat Bupati Lampung Barat nantinya, saya berharap agar dapat menjaga netralitas dan kondusifitas di kabupaten Lampung Barat pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya dalam menghadapi Tahun politik menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang,” imbuh Dang Ike.

Dang Ike juga menyarankan agar Pejabat Bupati yang ditunjuk nantinya, agar tetap fokus pada tugas dan tanggung jawabnya dibidang pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau boleh saya sumbang saran, siapapun yang ditunjuk sebagai Pejabat Bupati nantinya, saya sarankan untuk fokus pada tugas dan tanggung jawabnya dibidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, agar roda pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya.” Saran Dang Ike.

Untuk pejabat atau pihak yang mengusulkan nama calon Pejabat Bupati, Dang menyarankan agar tidak ada intervensi, konflik kepentingan, harus transparan dan demokratis.

“Kepada pihak atau pejabat yang mengusulkan nama calon Pejabat Bupati Lampung Barat, agar menghindari KKN, konflik kepentingan, harus transparan dan demokratis, utamakan kwalitas, kapabilitas, dan integritas pejabatnya. | Pungkas Dang Ike.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *