MasyarakatNasional

Polda Jawa Timur Bongkar Kasus Pabrik Cetak Uang Palsu Miliaran Libatkan ASN

Avatar photo
61
×

Polda Jawa Timur Bongkar Kasus Pabrik Cetak Uang Palsu Miliaran Libatkan ASN

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, KEDIRI — Polres Kediri dan Polda Jawa Timur membongkar sindikat pabrik uang palsu yang beroperasi di seluruh Pulau Jawa.

Sebelas tersangka ditangkap, sebanyak Rp2 miliar uang tiruan sudah dicetak, sebagian besar telah diedarkan.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan kasus ini bermula saat aparat kepolisian mendapatkan laporan dari BRI wilayah Kediri, yang menerima transaksi perbankan antara korban dengan tersangka M menggunakan uang palsu, pada 14 Oktober 2022.

“Kami pada 14 Oktober menerima laporan dari rekan-rekan BRI terkait temuan uang palsu, kurang lebih Rp4 juta,” kata Agung di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (3/11).

Polisi kemudian mengamankan M. Tak berhenti di situ, aparat pun melanjutkan penyelidikan dengan mendalami sindikat ini lebih jauh.

Tim gabungan Polda Jatim dan Bareskrim Polri dibentuk. Hasil penelusuran mereka, sindikat ini tersebar di beberapa wilayah di Pulau Jawa.

“Dari Kediri lalu kami kembangkan kembali di wilayah Jawa Tengah, di Jakarta dan kami kembangkan lagi ternyata pabriknya di Cimahi, Jawa Barat,” ucapnya.

Dalam pengungkapan itu, 11 tersangka ditangkap. Mereka yakni M (52) asal Kediri, HFR (38) asal Makassar, ABS (38) asal Karanganyar, DAN (44) dan R (37) asal Tasikmalaya, W (41) asal Pekalongan, S (58) dan S (52) asal Bogor, S (47) asal Jawa Tengah, FF (37) asal Banten, dan SD (48) asal Grobogan.

“Mereka memiliki peran berbeda-beda,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *