LampungLampung Selatan

Ratusan Warga Dan Emak Emak Desa Sukanegara Ngeluruk Ke PT. CJ. Jedang Feed And Care Indonesia

Avatar photo
61
×

Ratusan Warga Dan Emak Emak Desa Sukanegara Ngeluruk Ke PT. CJ. Jedang Feed And Care Indonesia

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG SELATAN — Ratusan warga Desa Sukanegara Kecamatan Tanjung Bintang ngeluruk ke PT. CJ. Jedang Feed And Care Indonesia Cabang Lampung pada Kamis, 8/12/2022.

Kedatangan warga Desa Sukanegara yang sebagian dari kaum emak emak ini bertujuan menggelar orasi agar keberadaan Perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak yang berada di desanya memberi kontribusi dan keadilan.

Para pengunjuk rasa berorasi didepan pintu gerbang PT. CJ. Jedang dengan semangat menggaungkan suara Aspirasi Masyarakat desa sukanegara. Tak ketinggalan, Kepala Dusun (Kadus) setempat pun ikut berorasi agar PT. CJ. Jedang ada kepedulian kepada warganya.

Terlihat, ada beberapa poin tuntutan warga tertulis di spanduk yang dipasang pada pintu masuk pagar PT. CJ. Jedang. Seperti, perusahaan harus memberi uang kas kepada Karang Taruna Desa Sukanegara, karyawan yang bekerja di PT. CJ. Jedang harus 75% warga desa Sukanegara, penerimaan karyawan/pekerja harus melalui Desa/Dusun Sukanegara, pengolaan limbah yang bisa dijual oleh desa Sukanegara, izin lingkungan harus berlaku selama 5 tahun, saluran air ditanggulangi agar tidak terjadi banjir, perusahaan bisa menanggulangi limbah negatif ; bau, bising, abu jagung dan perusahaan tidak memakai Herman, Muchridin dan Wasis.

Selain itu, dalam orasi Unras terdengar dari pengeras suara berkali kali meneriakkan suara agar para pekerja warga Desa Sukanegara yang bekerja di PT. CJ. Jedang segera keluar meninggalkan pekerjaan di perusahaan tersebut dan berkumpul bersama mereka. Hal itu seperti yang di orasi kan oleh Kadus Kemang Desa Sukanegara.

“Harapan saya, warga saya yang utama warga saya dari RT 01 sampai 06 saya mohon, saya sebagai Kepala dusun (Kadus) keluar kalian, hargailah bapak kalian (Kasus.red). Benar bapak kalian (Kadus.red) tidak bisa ngasi makan, tapi saya mohon kesatuan dan persatuan Dusun Kemang, kita sudah bentuk Tim Sukanegara Bersatu. Artinya kita dari Kadus 1 sampai Kadus 6 kita bersatu. Saya sebagai Kadus, kepada warga saya, saya mohon keluar kalian jangan bersembunyi mari kita bersama sama bersatu, ” Ujarnya terdengar di pengeras suara saat berorasi.

Seketika disambut gegap gempita suara para pengunjuk rasa. “Keluar.., keluar.., keluar”

Walau diwarnai ketegangan namun aksi tersebut berjalan aman dan kondusif hingga berselang waktu tak lama, pihak Perusahaan bersedia menerima perwakilan masa untuk berdialog.

Kepala Desa Sukanegara Heri Tamtomo, S.Sos saat di hubungi melalui pesan singkat WhatsApp mengirimkan keterangan hasil pertemuan antara warga desa dengan pihak PT. CJ. Jedang Feed And Care Indonesia.

Menurut Heri, dari beberapa poin tuntutan masyarakat Desa Sukanegara telah disetujui oleh pihak PT. CJ. Jedang Feed And Care. Hanya pada poin tuntutan permintaan karyawan yang bekerja di PT. CJ. Jedang harus 75 % warga Desa Sukanegara dan poin tuntutan Perusahaan PT. CJ. Jedang tidak memakai Herman, Muchridin dan Wasis yang masih dalam proses.

“Kalau untuk tuntutan agar 75 % tenaga kerja harus dari warga Desa Sukanegara bila dilakukan sekarang itu tidak mungkin. Karena harus mem PHK Karyawan yang bekerja saat ini. Tetapi, dalam Rekrutmen Karyawan kedepannya akan berkoordinasi dengan Desa, ” Tegasnya.

Terkait permintaan tentang Ijin lingkungan harus berlaku 5 tahun, sambung Heri, pihak Perusahaan akan berkoordinasi dengan pihak legal PT. CJ. Jedang.

“Yang jelas ada beberpa poin tuntutan masyarakat yang sudah di setujui oleh pihak perusahaan. Ya secara umum Perusahaan sedikitnya sudah memenuhi unsur keadilan bagi masyarakat Desa Sukanegara, ” Tutup Heri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *