Lampung Tengah

Sungguh Disesalkan Rencana Konferensi Cabang Muslimat NU Lampung Tengah Ke-V, Penuh Intrik, Intervensi dan Rekayasa Sehingga Acara Batal Digelar “Cerminan Sisi Buruk Dalam Tubuh Demokrasi Organisasi Islam”

67
×

Sungguh Disesalkan Rencana Konferensi Cabang Muslimat NU Lampung Tengah Ke-V, Penuh Intrik, Intervensi dan Rekayasa Sehingga Acara Batal Digelar “Cerminan Sisi Buruk Dalam Tubuh Demokrasi Organisasi Islam”

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG TENGAH — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lampung Tengah, sedianya akan menggelar hajat untuk pemilihan Ketua Muslimat NU melalui forum Konferensi Cabang Ke-V dengan slogan “Sambut Abad II NU” mengusung tema : “Menata Struktur Untuk Merawat Jagad Dan Membangun Peradaban”.

Acara sempat berlangsung di Kantor DPC NU Lampung Tengah pada Jumat (03/03/2023) dengan dihadiri segenap Pengurus Cabang NU Lampung Tengah.

Untuk menghadirkan Ketua dan Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) tingkat kecamatan maupun tingkat Ranting Desa/Kelurahan yang memiliki hak pilih dan akan menyalurkan hak pilihnya, Panitia Pelaksana melakukan penjemputan kepada masing-masing tingkatan tersebut.

Didalam teknis penjemputan tersebut ternyata, terjadi scenario yang mencengangkan, sebab ternyata oknum Panitia yang melakukan penjemputan berkesempatan untuk melakukan intimidasi agar Pengurus yang memiliki hak pilih menentukan pilihannya sesuai dengan yang telah diskenariokan.

Indikasi adanya intimidasi hak suara ini, sempat diinformasikan beberapa Pengurus bahwa oknum yang melakukan maneuver culas ini diduga adalah IS dan MD. Sebab kedua Pengurus ini yang melakukan tekanan agar memilih calon yang ditunjuk diantara empat calon lainnya.

Ketua Muslimat NU Lampung Tengah, Nurhayati dalam konfirmasinya membenarkan adanya kejadian-kejadian tersebut diatas, sebelum acara berlanjut. Akibat dari perbuatan oknum diatas maka jalannya Konfercab Muslimat NU Ke-V Lampung Tengah dibatalkan dan akan diundur hingga waktu yang tidak ditentukan.

Pembatalan kongres didasari bebera alas an diantaranya karena ada oknum yang secara sengaja mengajak untuk memilih salah satu calon, ada pemaksaan penjemputan atas panggilan kepada PAC yang bertujuan untuk memaksa memilih calon yang ditetapkan.

Selain itu ada laporan dari korban yang melapor bahwa dirinya menerima surat mutasi dari Lembaga Pemerintah karena mangkir dari panggilan tersebut.

Menurut Nurhayati, dengan dibatalkannya kongres, dirinya dan anggota lain lain terpaksa melanjutkan kepengurusan.

Salah seorang Pengurus PAC yang mendapatkan Surat Mutasi tersebut adalah Musriyatun yang berprofesi sebagai Guru SMPN 1 Way Seputih dan juga menjabat sebagai Ketua Muslimat Kecamatan yang mendapatkan intervensi dari Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Tengah, Syahroni. Inti dari perintah tersebut adalah agar yang bersangkutan datang keKantor NU pada hari Jumat (3/3/2023) jam 09.00 WIB.

Berhubung pada saat itu kondisi yang bersangkutan sedang merawat orangtuanya yang sakit dan lagi pula kondisi kesehatan Musriyatun sedang tidak sehat maka, perintah tersebut tidak dilaksanakannya. Ternyata pada pukul 11.40 WIB dihari yang sama, Syahroni memberikan panggilan untuk menghadap ke Nuwo Balak dengan agenda yang tidak jelas.

Pada pukul 11.56 WIB Musriyatun mendapat pesan melalui Whatsapp bahwa dirinya atasusulan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Tengah diberikan mutasi ke SMPN 1 Selagai Lingga, dimana jarak yang harus ditempuh sangatlah jauh, sungguh-sungguh tidak manusiawi.

Kemudian Mursiyatun dikirim Surat Keputusan Bupati Lampung Tengah No: 85/KPTS/B.a VII.04/2023. Dalam surat tersebut tertera saya dimutasi dari Way Seputih ke Selagai Lingga. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *