Kota Metro

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Didampingi Pemkot Metro Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Kopindo Metro

2
×

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Didampingi Pemkot Metro Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Kopindo Metro

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, METRO – Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan di dampingi oleh Pemerintah Kota Metro melakukan peninjauan harga bahan pokok di Pasar Kopindo Kota Metro guna memastikan kestabilan harga jelang Hari Raya, Kamis (13/04/2023).

Dalam kunjungannya Zulkifli mengapresiasi Pemerintah Kota Metro yang telah berhasil berhasil menekan harga bahan pokok jelang lebaran tahun 2023 menjadi lebih murah di bandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan Zulkifli berdasarkan hasil observasinya di beberapa kios yang ada di dalam Pasar Kopindo Kota Metro.

Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan 300x600
Pasang Iklan Disini Hubungi Kami

“Dalam sejarah, baru di tahun inilah harga bahan pokok tidak mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Metro atas kerja kerasnya menjaga stabilitas harga-harga kebutuhan pokok,” ujarnya.

Zulkifli menyebutkan bahwa harga bahan pokok di Pasar Kopindo Kota Metro terpantau stabil bahkan relatif lebih murah. Salah satu di antaranya adalah harga bawang putih yang dibandrol dengan harga Rp. 28.000/ons atau Rp. 32.000 dengan ukuran yang tentunya lebih besar dibandingkan bawang putih pada umumnya.

“Bawang putih itu banyak macamnya, untuk yang paling mahal itu dibandrol dengan harga Rp. 32.000. Tentunya bawang putih jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan bawang putih biasa. Jadi kita sebagai konsumen harus paham juga mengenai hal ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman,” Zulkifli menjelaskan.

Ditemukan juga pasokan bahan pokok lainnya yang didapatkan pada tahun lalu bisa mencapai harga dua kali lipat dibandingkan tahun ini.

“Kalau lebaran tahun lalu bawang merah bisa mencapai kisaran harga hampir Rp. 50.000 namun kali ini bisa dibandrol dengan harga Rp. 30.000, telur biasanya Rp. 32.000 kali ini dibandrol dengan harga Rp. 28.000, daging sapi biasanya Rp. 130.000 sekarang Rp. 140.000, daging ayam biasanya Rp. 37.000 sekarang hanya Rp. 32.000. Silahkan nanti bisa di cek sendiri,” ujar Zulkifli.

Menurutnya, menjaga kestabilan harga bahan pokok harus terus dipertahankan. Terlebih persoalan beras yang bersinggungan langsung dengan kebutuhan primer masyarakat.

“Untuk beras premium memang harganya bervariasi, namun untuk beras medium Bulog harganya Rp. 9.000 dan cenderung tetap,” ujar Zulkifli.

Di akhir peninjauan Zulkifli meminta kepada masyarakat agar tidak merasa cemas terhadap harga bahan pokok yang dikhawatirkan akan naik secara mendadak maupun jumlah yang jauh dari harapan masyarakat.

“Saya harap masyarakat tidak usah merasa takut dan cemas, harga akan diupayakan selalu stabil dan kapanpun belanja barangnya akan selalu ada. Bahkan pemerintah sudah menyiapkan cadangan beras untuk 20 juta lebih rakyat kita yang membutuhkan,” ungkapnya. (Dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *