Lampung

Pemprov Lampung Melalui BMBK Sudah Memantapkan 76,85 Persen Jalan Yang Sudah Diperbaiki Untuk Sambut Pemudik

19
×

Pemprov Lampung Melalui BMBK Sudah Memantapkan 76,85 Persen Jalan Yang Sudah Diperbaiki Untuk Sambut Pemudik

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG — Walaupun sedang mengahadapi ujian dengan celoteh seorang anak muda yang katanya sedang kuliah di luar negeri namun nyatanya Pemprov Lampung di bawah Komando Gubernur Arinal Djunaedi tetap fokus dalam pembangunan. Terutama pembangunan jalan yang secara bertahap terus dikebut dibangun dan diperbaiki.

Hal ini yang sedang jadi fokus utama Pemrov Lampung melalui dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung.

Terbaru, sesuai arahan gubernur Arinal, Dinas BMBK Provinsi Lampung siap menyambut arus mudik dan arus balik saat perayaan hari raya idul Fitri 1444 Hijriyah ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas BMBK Lampung Febrizal Levi Sukmana, Senin (17/04/2023). (dilansir dari pikiranlampung.com)

Levi sapaan Akrab Febrizal Levi Sukmana memprediksi akan ada 3,38 juta pemudik yang akan datang ke Bumi Ruwa Jurai.

Sebagian besar pemudik ini, kata dia, diperkirakan bakal melewati jalan tol dan nasional. Kemudian, untuk sekitar satu juta pemudik lainnya diperkirakan bakal melewati jalan provinsi, kabupaten dan kota.

“Diperkirakan sekitar 30 persen pergerakan pemudik itu tinggal di Lampung, sementara lainnya kemungkinan dari Medan, Sumsel, Jambi, Riau,” kata dia.

Untuk kondisi jalan tol sepanjang 1500 kilometer, kata dia, sudah selesai diperbaiki dan sedang proses dengan kemantapan mencapai 92 persen.

Sementara untuk jalan provinsi Lampung sepanjang 1700, kilometer dengan kemantapan 76,85 persen sedang dan sudah diperbaiki.

“Terutama empat jalan provinsi yang berada di exit tol, sedang ditangani secara fungsional dan sedang diusulkan untuk mendapat bantuan dari pemerintah pusat,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mengakui kesiapan perbaikan secara fungsional untuk 7 ruas jalur alternatif provinsi yang diperkirakan bakal menjadi jalur sibuk lebaran.

Misalnya, Ketapang, simpang korpri, kibang metro, lempasing, Padang Cermin, kedondong, tataan.

“Sudah siap perbaikan secara fungsional maupun fisik, pembangunan atau rehab. Sementara Branti, Tataan, Pringsewu, Kalirejo, Wates dan beberapa bagian sedang dalam proses URC. Jadi kita bersama balai jalan dan UPTD selalu standby,” ucap dia.

Dilain sisi, pihaknya bakal menggeber pekerjaan perbaikan jalan provinsi. Hal ini mengingat anggaran tahun ini cukup besar.

“Karena tahun ini kita fokus memperbaiki infrastruktur. Secara gambaran umum, BMBK berkoordinasi dengan pengelolaan jalan nasional, PU kabupaten dan kota, Dishub serta beberapa lembaga vertikal lainnya siap menyambut arus mudik dan arus balik lebaran 2023,” kata dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *