Nasional

PPWI dan Warga Kampung Merah Putih Adakan Acara Gebyar Ramadhan 1444 H

23
×

PPWI dan Warga Kampung Merah Putih Adakan Acara Gebyar Ramadhan 1444 H

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, DEPOK – Sejumlah warga Kampung Merah Putih Sukatani Tapos menghadiri acara “Gebyar Ramadhan 1444 H/2023 M, Silaturahmi dan Santunan Sembako bagi Yatim, Dhuafa dan Muallaf”, bertempat di Musholla Al Baroqah, Zonasi RT 001/RW 005, Sukatani, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat. Wilayah yang sudah didiami oleh sekitar 360 KK warga sejak 30 tahun yang lalu ini tergolong unik.

Letak kampung tersebut terkesan terpencil walaupun berada di tengah Kota Depok. Hampir semua warga Kampung Merah Putih masih beridentitas kependudukan daerah asal masing-masing walaupun sudah puluhan tahun tinggal di kampung ini.

“Inilah uniknya kampung kami, dan kami berharap bisa terwujud keinginan warga untuk mendapatkan identitas kependudukan warga di sini,” ujar Nasruddin, salah satu pegiat Musholla Al Baroqah.

Salah satu agenda kegiatan dalam Gebyar Ramadhan kali ini adalah berbuka puasa bersama warga Kampung Merah Putih yang disponsori oleh PPWI. Acara buka bersama dilaksanakan di Musholla Al Baroqah pada Jumat, 14 April 2023. Hadir dalam acara ini Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, ditemani anggota PPWI lainnya, Winarsih dan Alfrets Maurits.

Acara diawali dengan tausyiah dari KH. Kuswanto Alwi, M.Pd., salah satu pegiat Pondok Pesantren Yatim Dhuafa dan OGDJ KI Jakarta. “Kita perlu mengarahkan dan membina adab anak-anak kita agar kelak bisa menjadi generasi penerus yang baik dan taqwa,” paparnya berapi-api di depan warga yang hadir.

Selanjutnya, Widi Djatmiko Dj yang mewakili UMKM Indonesia Bangkit Jawa Barat mengangkat tema ‘Peran UMKM Indonesia Bangkit untuk meningkatkan taraf hidup rakyat’. “Perlu verifikasi data pelaku UMKM di Kampung Merah Putih, Inshaallah dengan sinergi DKM Al Baroqah kami akan fasilitasi secara cuma-cuma,” ujarnya.

Ditambahkannya pula bahwa pendataan warga Kampung Merah Putih amat penting untuk perencanaan dan pelaksanaan pengembangan UMKM. “Kita perlu melakukan pendataan warga agar bisa mendapatkan fasilitas pelatihan dan pembinaan UMKM,” tukas Ketua Program Pemberdayaan Masyarakat di beberapa Yayasan dan juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Amal Soleh Waqaf Umat ini.

Dalam sambutan dan arahannya, Ketum PPWI Wilson Lalengke menjelaskan tentang eksistensi organisasi para jurnalis warga dan pentingnya setiap orang menjadi pewta warga. “PPWI merupakan wadah yang disediakan untuk semua warga masyarakat yang salah satunya berfungsi sebagai corong informasi, baik ke publik maupun ke pihak pemerintah, agar semua pihak terkait mendapatkan info yang valid langsung dari sumbernya sehingga bisa dibantu dengan segera,” papar lulusan dari tiga universitas bergengsi di Eropa ini.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan tali asih dari beberapa penyumbang di internal PPWI yang disampaikan oleh Wilson Lalengke kepada para penerima santunan sembako. “Kami menyampaikan salam dari pengurus dan anggota PPWI yang belum sempat hadir, antara lain dari Bapak Raja Sapta Oktohari, Bapak Brigjenpol (Purn) Dr. Victor Pudjiadi, Ibu Maya Rumantir, Sekjen PPWI Bapak Fachrul Razi, PPWI Jawa Barat, dan lain-lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Saya berharap kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar serta bermanfaat,” ujar alumnus PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012.

Tampak hadir juga dalam acara buka puasa bersama ini antara lain Bendahara Yayasan Amal Soleh Waqaf Umat, Sumiyanah, penyanyi dan pencipta lagu religi, Sofia Almer, pemain sinetron Kurcaci, komedian Ciput Samudera Albert Maurits, dan pengurus Mushalah Al-Baroqah, Irma. Selain itu, terlihat juga sesepuh DKM Al Baroqah, Ustadz Syaeful dan tim IT dan media, Ananda Muhammad Faiz.

Rangkaian kegiatan Gebyar Ramadhan 1444 Hijriyah Kampung Merah Putih akan berlangsung hingga tanggal 18 April 2023 dengan menampilkan lomba adzan dan hapalan Al-Quran surat pendek. Untuk info pendaftaran dan sponsorship dapat menghubungi 089517454212. Kegiatan ini juga didukung oleh UMKM Indonesia Bangkit Jawa Barat, Suara Rakyat Online, Yayasan Permata, Yayasan Generasi Belajar Berbagi, Yayasan Amal Soleh Waqaf Umat dan Kencana Agung Sedayu Kreatif Indonesia. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *