Tulang Bawang

Kabag Sumantri Emosi Saat Ditanya Anggaran Pemeliharaan Gedung Kantor DPRD Tulang Bawang

Avatar photo
20
×

Kabag Sumantri Emosi Saat Ditanya Anggaran Pemeliharaan Gedung Kantor DPRD Tulang Bawang

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, TULANG BAWANG – Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Risalah Sekretariat DPRD Tulang Bawang, Sumantri terkesan emosi saat dikonfirmasi terkait kondisi sejumlah ruang di gedung dewan tersebut tampak tidak terawat. Padahal, biaya untuk pemeliharaan gedung tersebut setiap tahun dianggarkan hingga ratusan juta.

Saat dikonfirmasi, Sumantri mengatakan, “Mohon maaf ya saya belum kenal sampean, kalau sudah kenal mungkin di lain cerita. Nanti kalau ada waktu kita ketemu dulu, Gak bisa begini dong. Itu aja ya,” kata Sumantri dengan nada kesal, Jumat (5/5/2023).

Sementara menanggapi hal ini, Ketua LSM Masyarakat Transparansi Merdeka (MTM) Provinsi Lampung, Azhari menyayangkan tanggapan dari seorang pejabat yang seakan anti kritik. Padahal yang dipertanyakan ini terkait anggaran yang dikelola sesuai bidangnya.

Sehingga adanya prilaku tanggapan dari oknum pejabat tersebut Azhari menduga pengelolaan anggaran di sekretariat DPRD Tulang Bawang tidak transparan yang mengarah pada tindakan korupsi.

Untuk itu, pihak LSM MTM Lampung meminta pihak hukum setempat untuk dapat segera mengusut tuntas dugaan penyimpangan anggaran pemeliharaan gedung kantor di Sekretariat DPRD Tuba. (data terlampir)

Diberitakan sebelumnya, Kondisi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung saat ini sungguh sangat mengenaskan.

Pasalnya, bagian plapon dan tembok bangunan terlihat banyak yang rusak dan berlobang, bahkan ada beberapa ruang serta toilet di gedung tersebut terlihat berantakan dan kotor. Hal ini diketahui saat Tinta Informasi memantau kondisi sekeliling gedung Dewan tersebut.

Pemandangan yang tak pantas terlihat secara jelas, plafon di sekitar gedung banyak yang sudah berlobang, tembok gedung pun sudah banyak yang terkelupas, cat tembok sudah buram sehingga gedung wakil rakyat itu terlihat kusam dan kumuh, Senin 10/4/2023.

Padahal, hasil investigasi Media, data yang diperoleh, pada tahun 2022 lalu gedung DPRD Kabupaten Tulang Bawang mendapat Anggaran untuk Pemeliharaan Bangunan Gedung – Bangunan Gedung tempat kerja sekitar Rp. 500 juta.

Disinyalir, anggaran untuk Pemeliharaan bangunan gedung tahun 2022 tersebut diduga ‘Raib’ sehingga bangunan Gedung saat ini dalam kondisi rusak dan kumuh.

Untuk diketahui, sekretariat DPRD Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2022 mendapat Anggaran untuk biaya pemeliharaan bangunan gedung seperti :

1.Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung- Bangunan Gedung Tempat Kerja-Bangunan Gedung Kantor Rp 120.000.000

2.Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung- Bangunan Gedung Tempat Kerja-Bangunan Gedung Tempat Pertemuan Rp 100.000.000

3.Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung- Bangunan Gedung Tempat Kerja-Bangunan Tempat Persidangan Rp 200.000.000.

4.Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung- Bangunan Gedung Tempat Kerja-Bangunan Gudang Rp 50 juta

5.Belanja Pemeliharaan Bangunan Gedung- Bangunan Gedung Tempat Kerja-Bangunan Gudang Rp 20 juta.

Salah satu masyarakat Tulang Bawang saat berada di gedung Dewan tersebut, kepada Media menyampaikan rasa khawatirannya dengan kondisi gedung DPRD Tulang Bawang saat ini.

“Iya Bang, sudah lama gedung Dewan ini seperti ini. Coba lihat itu plafonnya, sudah hancur dan berlobang, ” Ucapnya sambil minta namanya dirahasiakan.

Menurutnya, bila saat musim hujan, di beberapa titik bagian gedung mengalami kebocoran. Begitu juga ruangan di dalam bagaian lantai atas terlihat kotor dan tak terawat.

‘Kalau hujan, bocor bang. Itu dinding juga sudah banyak yang terkelupas, ” Cetusnya.

Sementara, Sekretaris Kantor dewan DPRD Kabupaten Tulang Bawang belum bisa di konfirmasi terkait persoalan ini. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *