Bandar Lampung

Separuh Lebih Siswa Masuk PTN, MAN 1 Bandar Lampung Dapat Apresiasi Rekan Jurnalis

Avatar photo
16
×

Separuh Lebih Siswa Masuk PTN, MAN 1 Bandar Lampung Dapat Apresiasi Rekan Jurnalis

Sebarkan artikel ini

TintaInformasi.com,Bandar Lampung— Atas keberhasilan MAN 1 Bandar Lampung meloloskan hampir separuh lebih muridnya yang masuk di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia tahun 2022-2023 mendapatkan apresiasi dari sejumlah rekan jurnalis.

Selain para pencari berita yang turut memberikan suport dan apresiasinya terhadap keberhasilan yang dicapai, ucapan yang sama juga disampaikan masyarakat dan orang tua siswa.

“Kami kaget dan merasa bangga sekaligus memberikan ucapan selamat atas keberhasilan MAN 1 Bandar Lampung mencetak SDM, siswa/i lolos di berbagai PTN. Dan itu merupakan rangkaian dari kerja keras, tim guru dan kepala sekolah MAN 1 Bandar Lampung,” kata Muri, salah seorang warga menuturkan, Selasa (22/5).

Muri yang juga pemilik media online ini menuturkan, dari beberapa sekolah di Lampung yang setara dengan SMA, MAN 1 Lampung ini patut diacungi jempol. “Berhasil mencetak murid lolos masuk jalur undangan di berbagai perguruan tinggi negeri,” katanya.

Kepala MAN 1 Bandar Lampung, H. Lukman Hakim, S. Pd. MM, dalam wawancaranya mengaku bangga atas prestasi yang diraih para peserta didiknya.

Tahun ini, 2022-2023 kata Lukman, jumlah peserta didik yang lulus kelas XII sebanyak 455 siswa. “Dari jumlah itu, Alhamdulillah terlampaui jumlah siswa yang lolos melalui jalur seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) dan PTKIN dengan kategori separuh lebih atau 50 persen lebih, dari total siswa yang lulus.

Dan dimungkinkan untuk jalur tes tertulisnya, bisa meningkat presentasi kelulusannya di PTN,” imbuhnya.

Di Lampung, lanjut Lukman, selain di ITERA, UIN dan UNILA.

Siswa kita juga diterima di UI, ITB, UGM, Unsoed dan UNPAD. “Tapi, tahun ini kita ada kekurangan, tidak ada siswa diterima di Fakultas Kedokteran dibanding tahun lalu ada dua siswa. Namun, secara umum jumlah murid yang diterima di PTN meningkat,” jelasnya.

Langkah yang dilalui dalam meraih capaian itu menurut Lukman, membangun semua komunikasi dari semua lini. “Contoh kerjasama dengan pihak ketiga, mendatangkan guru tamu untuk menambah keilmuan.

Termasuk dosen, yang memang ril sesuai dengan bidang kelimuannya. Tentunya kofigurasi ini menjadi salah satu capaian positif bagi peningkatan adamik murid,” pungkasnya.
Pada sisi lain, Andara siswi kelas X jurusan IPA mengaku senang bersekolah di MAN 1 Bandar Lampung.

Menurut dia, banyak ilmu akademik dan ilmu keagamaan yang didapat belajar di MAN 1. “Dan kebetulan saya dapat kelas unggulan, tentunya fasilitasnya memadai. Nyaman buat belajar, semoga kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi,” kata siswi peringkat ke 5 dikelasnya tersebut. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *