Lampung Tengah

Bupati Lamteng Musa Ahmad: Kegiatan GTTGN Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

Avatar photo
16
×

Bupati Lamteng Musa Ahmad: Kegiatan GTTGN Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG TENGAH — Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mendapat penghargaan Kontribusi dan Kerja Keras Dalam Membina Pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa yang diberikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam Penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke 24 yang di adakan di PKOR Way Halim Bandar Lampung pada hari Rabu 7 Juni 2023.

Dalam Kesempatan tersebut hadir Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Sekertaris Jendral Kementrian PDTT, Dirjen, Gubernur Lampung, Wakil Gubernur, Bupati Walikota se Indonesia, Kepala Dinas PMDT se Indonesia serta Peserta GTTGN Ke 24 yang tahun 2023 ini dipusatkan di Lampung.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menekankan pentingnya teknologi tepat guna dalam percepatan pembangunan desa.

Teknologi tepat guna diharapkan bisa mengolah semua potensi yang ada di desa. Oleh karena itu, Dana Desa juga digunakan untuk pelatihan dan pengadaan teknologi tepat guna. Utamanya yang dibutuhkan pelaku usaha di desa.

Hal ini, menurutnya sesuai dengan SDGs Desa tujuan ke-18, yakni kelembagaan desa dinamis, budaya desa adaptif. Halim Iskandar menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara Tahun 2023 yang diadakan di Lampung.

Hal ini karena menurut dia, Gelar Teknologi Tepat Guna merupakan salah satu upaya strategis dalam penyebaran dan pemerataan teknologi. Selain itu, kegiatan ini sebagai solusi untuk memasyarakatkan dan memberi akses informasi teknologi tepat guna kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) merupakan event nasional yang diselenggarakan setiap tahun, dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi yang terkait dengan teknologi tepat guna dalam upaya percepatan alih teknologi dari inventor/penemu kepada masyarakat pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di Desa.

Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, jelas Gubernur Arinal, juga digunakan sebagi ajang tukar informasi teknologi yang ditemukan antara Desa satu dengan Desa lainnya, antara Provinsi satu dengan Provinsi lainnya.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan Kegiatan GTTGN (Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara), sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendorong dan memotivasi pengembangan daya kreativitas dan inovasi Teknologi Tepat Guna yang mempunyai prospek, untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis potensi unggulan Desa/Daerah.

Dalam kesempatan itu Pula Bupati merasa bangga karena peserta yang mewakili Provinsi Lampung ditingkat Nasional merupakan peserta asal Lampung Tengah yang mendapatkan beberapa katagori Lomba yang di adakan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *