Lampung Utara

Polres Lampung Utara Selenggarakan Apel Kasat Kamling Tahun 2023

Avatar photo
21
×

Polres Lampung Utara Selenggarakan Apel Kasat Kamling Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG UTARA – Pagi ini Rabu 21 Juni 2023 pukul 08.00 wib Polres Lampung Utara menyelenggarakan Apel Kasat Kamling yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Kurniawan Ismail SH. SIK. MIK bertempat di lapangan Apel Mapolres setempat.

Turut hadir pada pelaksanaan apel tersebut dari jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, Kajari Kotabumi serta beberapa Kepala Dinas Instansi.

Para peserta apel terdiri dari Peleton personil Polri, Sat Pol PP, Polsus, Dinas Perhubungan, para Kasat Kamling dalam Kecamatan jajaran Kabupaten Lampung Utara dan Linmas.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail SH. SIK. MIK menyampaikan bahwa apel yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban Kepolisian terbatas guna pemeliharaan Kamtibmas secara swakarsa.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita cita luhur bangsa Indonesia, untuk itu Polrinyeeus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke 5 dan kegiatan ke 21 yakni peningkatan peran aktif Pamswakarsa dilingkungan atau wilayah kerjanya serta pemantapan pembinaan Pamswakarsa.

Satkamling adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/ Desa, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari Pemolisian yang prediktif

Hal ini menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena awak Satkamling, baik Ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana berdomisili, sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.

Sebagaimana kutipan dari penyair asal Amerika Serikat bernama Ralph Waldo Emerson bahwa “The most powerful security system’ is the one you build within yourself (Sistem keamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun didalam dirimu sendiri).

Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling dan juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI/ POLRI dan pemangku kepentingan lainnya.

Saat ini Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemiu dan pemilihan serentak tahun 2024, diharapkan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system’ dilingkungan nya masing-masing.

Tetap berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas, tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada para Kasatkamling merupakan kehormatan yang harus dijaga, “ujar Kapolres AKBP Kurniawan mengakhiri amanat yang dibacakan nya.

“Selanjutnya Kapolres Lampung Utara memberikan Tropy kepada para pemenang lomba Satkamling yang di gelar oleh Sat Binmas, juara 1 Pos Ronda 232 Kel. Rejosari, Juara ke 2 Pos Ronda TY 03 Dusun 2 Desa Candimas, Juara 3 Pos Ronda RT 04 Dusun 2 Desa Gunung Sadar, diikuti Juara Harapan 1,2 dan 3 kepada Pos Ronda RT 06 Desa Mulyorejo 1 Kec Bunga Mayang, Pos Ronda RT 01 Dusun 6 Kelapa Tujuh dan Pos Ronda RT 02 LK.I Kelurahan Tanjung Aman. (Bbg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *