Pesisir Barat

Saibatin Marga Bandar Melalui Prosesi Adat Meresmikan Lamban Bandung di Pekon Penggawa Lima Tengah

Avatar photo
43
×

Saibatin Marga Bandar Melalui Prosesi Adat Meresmikan Lamban Bandung di Pekon Penggawa Lima Tengah

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, PESISIR BARAT — Saibatin Marga Bandar, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan prosesi adat peresmian Lamban Bandung yang berada di Pekon Penggawa Lima Tengah, Kecamatan Karya Penggawa, Sabtu 24 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Sultan Peniakan Dalom Beliau Edwarsyah Pernong, Sultan Sekala Brak yang dipertuankan ke 23, Wakil Bupati Pesbar Ahmad Zulqoini Syarif, S.H, 16 Saibatin Marga di Pesbar, Ketua DPRD Agus Cik, Kapolres Pesbar AKBP Alsyahendra, S.Ik, dan masyarakat di Kecamatan Karya Penggawa.

Dalam kesempatan itu Hi. Ahmad B. Baskara, selaku Saibatin Marga Bandar mengucapkan selamat datang kepada semua pihak yang telah hadir dalam rangka peresmian Lamban Bandung Saibatin Marga Bandar tersebut.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam prosesi adat peresmian Lamban Bandung, termasuk kepada Sultan Sekala Brak yang dipertuankan ke 23 Edwarsyah Pernong,” kata dia.

Dijelaskannya, peresmian lamban bandung dengan prosesi adat tersebut tidak lain adalah untuk merawat budaya lokal yang merupakan warisan turun temurun di Bumi Para Saibatin dan Ulama.

“Adat dan budaya yang ada di kabupaten ini harus kita rawat secara berkesinambungan untuk menjaga persaudaraan dan persatuan komunitas Saibatin marga untuk menjaga marwah agar tetap tumbuh dan berkembang hingga masa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu, dalam arahannya Edwarsyah Pernong menyampaikan ucapan terima kasih kepada sambutan masyarakat Saibatin Marga bandar dalam rangka peresmian Lamban Bandung tersebut.

“Kegiatan kita hari ini merupakan bentuk syukur kepada Allah, terima kasih kepada semua masyarakat dan pemangku adat yang telah hadir dan menyambut kedatangan kami dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, Lamban Bandung merupakan pendamping dari Lamban Gedung, Bandung artinya disamping. Sehingga keberadaan Lamban Bandung berada di Samping Lamban Gedung.

“Bandung memiliki arti di samping, jadi posisi lamban bandung itu berada di samping lamban balak atau lamban gedung yang merupakan milik saudara kandung dari lamban gedung,” tegasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *