Pesawaran

Hasil Audit BPK TA 2022 Penggunaan Dana BOS SMAN 1 Gedongtataan Terdapat Penyelewengan Dana Puluhan Juta Rupiah

Avatar photo
24
×

Hasil Audit BPK TA 2022 Penggunaan Dana BOS SMAN 1 Gedongtataan Terdapat Penyelewengan Dana Puluhan Juta Rupiah

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, PESAWARAN — Berdasarkan hasil audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Lampung terhadap penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA Negeri 1 Gedongtataan pada Tahun Anggaran 2022 diketahui terdapat penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya, sehingga berpotensi merugikan keuangan negara.

Terungkapnya hal ini berdasarkan hasil audit BPK Perwakilan Lampung, dimana diuraikan, SMAN 1 Gedongtataan, Pesawaran, telah menggunakan dana BOS tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sehingga ada penyelewengan dana sebesar Rp 10.514.000. Selain itu, penggunaan yang tidak sesuai juknis senilai Rp 3.300.000.

Berdasarkan pemeriksaan secara uji petik oleh BPK Perwakilan Lampung, terdapat bukti pada surat pertanggungjawaban (SPJ) belanja BOS, nota belanja digunakan lebih dari satu kali atas belanja yang sama, dan tidak terdapat cap toko. Pun diketemukan adanya kesalahan dalam perhitungan matematis.

Pada buku hasil audit BPK tahun 2022 ditegaskan, dengan penyelewengan penggunaan dana BOS ini, bila tidak segera dikembalikan dipastikan akan merugikan keuangan negara.

Sayangnya, saat akan dikonfirmasi mengenai adanya temuan BPK atas penyelewengan penggunaan dana BOS ini, baik kepala SMAN I Gedongtataan maupun bendahara BOS, dikatakan oleh staf bernama Fitri, sedang tidak ada di tempat.

“Kepala sekolah dan bendahara BOS tidak ada. Katanya hari ini sedang ke kantor dinas di Provinsi,” jelas Fitri pada wartawan. (acok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *