Kayu Agung

Pelayanan dan Dugaan Pungli PLN Cabang Kayuagung Dikeluhkan Warga

Avatar photo
70
×

Pelayanan dan Dugaan Pungli PLN Cabang Kayuagung Dikeluhkan Warga

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, KAYU AGUNG – Baru-baru ini, salah satu seorang warga mengeluhkan tentang pelayanan PT. PLN Persero Cabang Kayuagung. “Iya, ketika itu Saya dan teman saya mendatangi kantor pelayanan PT. PLN Persero Cabang Kayuagung OKI, dengan maksud memasang meteran, dijelaskan oleh operator yang seorang wanita ditempat itu bahwa biaya memasang meteran listrik dengan daya 900 Watt, Rp. 900ribu, sedangkan untuk teknisinya yang memasang meteran dikenakan biaya lain yakni sebesar Rp. 300ribu,” ujar sumber ditempat tersebut.

Ketika dibincangi operator yang seorang wanita tadi mengarahkan kepada teknisi dari pembicaraan didapatkan bahwa pemasangan instalasi satu titik dikenakan biaya Rp. 100 ribu, di luar dari meteran, dan jasa teknisi PLN. Hingga akhirnya konsumen memutar haluan, karena uang yang pegang tidak cukup.

Kurang lebih seminggu berlalu, konsumen kembali mendatangi kantor PLN Persero Cabang Kayuagung OKI, sekitar jam satu siang. Tepat di depan pintu masuk kantor terdapat keterangan sedang tutup, setelah dilihat kembali akhirnya seorang satpam dari tempat itu keluar menganti keterangan tutup menjadi buka, mendapat keterangan buka akhirnya konsumen memutuskan untuk masuk dengan niat ingin memastikan pemasangan meteran listrik sesuai keterangan dari operator seorang wanita tadi.

Konsumen masuk dan dipersilahkan duduk oleh seorang satpam dan oknum teknisi di tempat itu, menerangkan bahwa untuk biaya meteran dengan daya 900 watt Rp. 1.600.000 di luar dari biaya lain, sementara untuk instalasi satu titik dikenakan biaya Rp. 300 ribu, tegasnya dengan lantang. Bahkan dengan gaya yang sombong kepada konsumen teknisi itu menjelaskan bahwa semuanya dia yang kerjakan, tinggal terima beres.

Melihat peristiwa itu, salah satu seorang konsumen yang merupakan seorang Pewarta Jurnalisme mempertanyakan tentang kebenaran dari biaya yang maksud apakah sudah sesuai biaya pemasangan meteran listrik dengan daya 900 Watt Rp. 900 ribu seperti yang diterangkan operator awal, ataukah Rp. 1.600. 000 juta seperti yang diterangkan teknisi ditempat itu, tanyanya.

Seperti yang diketahui, berdasarkan tarif terbaru PLN di aplikasi PLN Mobile yang berlaku di tahun 2023 biaya pasang listrik baru daya 900 watt, sebesar Rp. 843.000. Biaya tersebut merupakan biaya penyambungan yang berlaku untuk kedua jenis meteran listrik yang dikenal sekarang ini, yaitu pascabayar dan prabayar (token).

Hingga berita diterbitkan, media masih mencoba menghubungi Kepala PLN Cabang Kayuagung yang sukar ditemui. (Dens/ Tim PPWI OKI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *