Lampung Selatan

Dinas Pariwisata Lamsel, Berikan Penyuluhan Sadar Wisata di Desa Tri Dharmayoga Ketapang Lampung Selatan

Avatar photo
83
×

Dinas Pariwisata Lamsel, Berikan Penyuluhan Sadar Wisata di Desa Tri Dharmayoga Ketapang Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG SELATAN

Dalam rangka mendukung Pariwisata di Bumi Khagom Mufakat Lampung Selatan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan memberikan Penyuluhan Sadar Wisata “penerapan Sapta pesona dan sadar wisata bagi pengelola dan masyarakat sekitar destinasi wisata”kepada Masyarakat Desa Tri dharmayoga

Penyuluhan di laksanakan di Pantai Wisata Onaria Desa Tri dharmayoga Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Selasa (22/08/2023) pukul 09.00 wib

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan Drs. M. Darmawan, MM., Kabid Destinasi Wisata Syaifuddin, SE., M.I.P., Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP., Kepala Desa Tri dharmayoga I Made Ardana, Ketua BPD, I Made Game, Ketua Pokdarwis Wisata Pantai Onaria Komang Arganta, narasumber Kuwat Heriawan (pipih)

Ketua pelaksana Syaifuddin, SE., M.I.P
menjelaskan kegiatan ini di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah peserta 50 orang yang terdiri dari warga Tridarmayoga, unsur Pokdarwis, aparatur Desa, tokoh masyarakat tokoh agama tokoh pemuda,karang taruna,unsur PKK serta unsur media.”

”adapun tujuan di selenggarakan acara ini untuk menyadari arti pentingnya pariwisata dalam kehidupan sehari-hari, apalagi Desa Tri dharmayoga ini merupakan salah satu Desa tertua yang memiliki Pariwisata Pantai fenomenal sekitar tahun 80 an dengan pantai Onaria nya.
Dulu di Lampung ini Pantai yang terkenal
Ada empat yakni. Pantai Onaria, Pantai Merak Belatung, Pantai Marina, dan Pantai Pasir Putih.”tuturnya

“Sementara Kades Tri dharmayoga I Made Ardana
menyampaikan kepada peserta untuk terus berinovasi membuat seni dengan potensi yang ada untuk daya tarik, namun tetap memunculkan khasanah budaya lokal Lampung itu sendiri.

”Saya mengajak kepada semua untuk kedepannya mari kita ciptakan inovasi yang bisa membangkitkan wisata ini, yang bisa jadi Icon di Kecamatan Ketapang,bila perlu di Lampung Selatan,agar Dinas Pariwisata dapat mensuport penuh, maka dari itu kita bentuk dan kita jaga kekompakan , kegotong royongan.”Ucapnya

”camat Ketapang Rendy Eko supriyanto mengharapkan ,karna potensi yang ada di Kecamatan Ketapang sangat besar mulai dari ujung Ketapang sampai desa Sumur menjadi prioritas dari Dinas Pariwisata. Saya ucapkan terimakasih, juga wisata Pantai Onaria menjadi prioritas dari Bapak Bupati Lamsel dan Dinas Pariwisata, semoga dapat terwujud dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tridharmayoga dapat tumbuh dengan baik”. Ucap Camat ketapang.

Sementara Kadis Pariwisata
Drs. M. Darmawan, MM menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat mendorong objek objek pariwisata untuk di kembangkan karna mempunyai prospek yang luar biasa kedepannya.

Ia mengungkapkan, bahwa di Lamsel ada 46 objek wisata Pantai, yaitu objek wisata rohani,objek wisata alam, objek wisata Kuliner, objek wisata buatan.

”Jadi melalui wisata inilah yang di kembangkan oleh Pemerintah, mulai dari Pusat sampai Desa. Bahkan Kementerian mulai menyemangati Desa desa wisata yang ada di Indonesia ini. Bahkan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenpraf), Lomba penganugerahan Desa Wisata Indonesia. Dari 5 ribu Desa wisata diseleksi hanya ada 75 Desa terbaik maju dan berkembang termasuk di Lampung Selatan yaitu pantai Minang Rua yang ada di desa klawi”. Ungkap Kadis.

”jika Kementerian Desa (Kemendes) akan mengadakan Lomba Desa Wisata, kita harapkan Desa ini diikut sertakan juga, Kalau Desa kita masuk dalam katagori yang di sebut kan di kemendes, berarti Desa kita sudah dianggap standar untuk di kunjungi. Sehingga orang lain mau datang ke sini atas rekomendasi dari Kemendes. Kalau kita bersatu gotong royong pasti bisa dan
kita harus memperkuat dasar hukumnya, yang kedua pengelolaannya (SK Pokdarwis nya), Sarana dan Prasarananya”. Ucap kadis

Lanjut Kepala dinas pariwisata Darmawan menyampaikan penting nya memahami Penerapan Sapta pesona dan Sadar Wisata Bagi Pengelola dan Masyarakat sekitar sebagai unsur penting dalam memajukan objek wisata. Terdapat 7 unsur antara lain: Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Sebagai tolak ukur peningkatan kualitas produk pariwisata.”tutupnya.(RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *