Jalin Silaturahmi, Ike Edwin Anjau Silau ke Marga Buay Nyerupa di Negara Batin Tanggamus

93

TINTAINFORMASI.COM, TANGGAMUS – Irjen Pol (Purn) DR Hi Ike Edwin S.H.,M.H., M.M., lakukan kegiatan Anjau Silau (Silaturahmi) ke warga masyarakat Buay Nyerupa Marga Liwa, Negara Batin, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Sabtu (16/09/2023).

Rombongan Dang Ike sapaan akrab mantan Kapolda Lampung itu diterima langsung oleh Suttan Batin Putra Irawansyah gelar pemuka Raja-raja Buay Nyerupa Seliwa di Semaka beserta tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh Agama marga Buay Nyerupa, di Lamban Gedung Negara Batin, Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Dalam acara Anjau Silau di Buay Nyerupa Marga Liwa Negara Batin Tanggamus, turut serta mendampingi Dang Ike Saibatin Kepaksian Buay Belunguh Paksi Pak Sekala Brak, M Yanuar Firmansyah Gelar Suttan Junjungan Sakti ke-27, Ir Nerozelli Koenang Agung Putra, Supardi S.H.

Dalam Sambutannya Dang Ike mengatakan adanya kegiatan Anjau Silau seperti ini diharapkan dapat meningkatkan persatuan antar Saibatin dengan Marga Buay Nyerupa dan tetap menjaga kearifan lokal serta kelestarian budaya adat Lampung, khususnya masyarakat adat Saibatin Kabupaten Tanggamus apalagi bicara sejarah yang masih satu asal dan satu rumpun dari Sekala Brak.

“Berkumpulnya para raja suku dan suttan ini semoga dapat menjadi ajang silaturahmi untuk memperkuat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat. Apalagi bicara masa lampau. Disamping itu, Moment ini juga merupakan ajang silaturahmi mempererat persaudaraan yang sejak zaman dahulu kala terjalin yang memang masih berasal dari Sekala Brak yang kemudian hijrah mendirikan negeri baru” ujar Dang Ike.

Acara Anjau Silau merupakan kegiatan saling berkunjung antar keluarga muakhi dan Penyimbang adat Saibatin.

Sebelumnya ditempat yang sama, Suttan Batin Putra Irawansyah gelar Pemuka Raja-raja Buay Nyerupa Seliwa di Semaka mengucapkan terima kasih kepada Dang Ike beserta rombongan atas kehadirannya di Lamban Gedung Negara Batin Tanggamus.

BACA JUGA:  Anggaran Sekretariat DPRD Tanggamus Tahun 2023 Rp.17,5 M di Sinyalir Jadi Ajang Bancakan Sekwan. 

“Saya haturkan terimakasih yang tak terhingga kepada Dang Ike dan Pun Yanuar Firmansyah Gelar Suttan Junjungan Sakti ke-27 beserta rombongan di Lamban Gedung Negara Batin,” ujar Batin Putra Irawansyah.

Kunjungan Dang Ike beserta rombongan di Marga Buay Nyerupa negara Batin Tanggamus merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Buay Nyerupa di Negara Batin.

“Merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami Marga Buay Nyerupa yang ada di Negara Batin Tanggamus ini, atas kunjungan silaturahmi Dang Ike beserta rombongan malam ini di Lamban Gedung Buay Nyerupa Negara Batin Tanggamus ini,” ucapnya.

Masih menurut Batin Putra Irawansyah, mudah-mudahan dengan Anjau Silau ini akan semakin mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan.

“Mudah-mudahan dengan Anjau Silau ini, akan semakin mempererat tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan diantara kita, apalagi kita masih satu keluarga besar dari keturunan Skala Brak Lampung Barat,” ungkapnya.

Acara Anjau Silau tersebut berjalan dengan lancar, aman dan kondusif dengan penuh rasa kekeluargaan dan kebersamaan. (***)

Facebook Comments Box