DPRD OKI Menjadi Tempat Istimewa Dalam Memperingati HUT Ke- 78 Kabupaten Ogan Komering Ilir

24

TintaInformasi.com,Kayuagung (OKI) — DPRD ogan Komering ilir menjadi tempat Dalam memperingati hari jadi Ke- 78 Kabupaten (OKI) 2023,Pj. Gubernur Sumatera Selatan, DR. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si menyampaikan atas capaian hebat Kabupaten Ogan Komering Ilir di bawah komando H.Iskandar, SE- H.M Djafar Shodiq mewujudkan Ogan Komering Ilir Maju,dan Sejahtera

“Kepiawaan Bupati dan Wakil Bupati OKI lantas membawa OKI jadi wilayah terdepan di Sumatera Selatan. Saya sepakat kunci dari pembangunan yang sukses adalag aspek berkelanjutan. Semoga ini terjaga dari pemimpinan dahulu sampai ke pemimpinan berikutnya nanti”, ungkap Agus pada rapat Paripurna Istimewa DPRD OKI dalam rangka peringatan hari jadi ke 78 Kabupaten OKI.

Gubernur Agus Fatoni berpesan agar sinergi, kooordisasi, dan kolaborasi terus dijaga sehinga kemajuan-kemajuan dapat diraih lebih baik lagi.

“Disamping capaian-capaian hebat yang telah diraih, ada tugas bersama yang harus dituntaskan berkaitan dengan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah). Mari kita perkuat sinergi agar Karhutlah di OKI bisa terkendali”, tandasnya.

Sementara Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE di memaparkan sejumlah capaian-capaian yang telah dirah dalam satu dekade kepimpinan Iskandar-Shodiq.

Bupati Iskandar mengungkap Kabupaten OKI ini ibarat sebuah kapal yang besar dengan muatan yang begitu kompleks.

“OKI Kabupaten dengan luas wilayah lebih dari 19 ribu km, jadi salah satu wilayah terluas di Sumatera dengan segala potensi, tantangan dan peluang yang ada”, jelas Bupati Iskandar.

Bupati OKI menyebut pertumbahan ekonomi ditopang produktivitas pertanian dan perkebunan.

“Produktivitas padi meningkat signifikan dari 568.043 ton pada tahun 2014 menjadi 863.819 ton di tahun 2022 dan menjadikan Ogan Komering Ilir sebagai lumbung pangan Sumatera Selata P PMn”, ujarnya. Rabu, (11/10).

BACA JUGA:  Viral Oknum Camat Indralaya Diduga Tutup Mata "Pungli dan Rekayasa Data Perangkat Desa Saka Tige"

Ia mengatakan di sektor perkebunan, Pemkab OKI telah melakukan replanting kelapa sawit rakyat melalui program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) seluas 27.955 . Capaian ini sebut Iskandar jadi yang terluas di Indonesia.

Bupati Iskandar menyampaikan di bidang Infrastruktur, dari sepanjang 2.037, 1 km jalan Kabuapten, 72,16 persen. Salah satu prioritas pembangunan yaitu ruas jalan Kayuagung-Sepucuk- Pedamaran Timur-Sungai Menang, penghubung empat kecamatan yang alhamdulilah sudah dituntaskan.

Pemkab OKI, disampaikan Bupati Iskandar
mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang sebelumnya 63,52 di tahun 2013 menjadi 68,02.

Tidak hanya sampai disitu, Pemerintah Kabupaten OKI menerima penghargaan Satya Wirakarya bidang keluarga berencana.

“Pemerintah OKI mampu turunkan persentase stunting hingga 17,1 % dari sebelumnya berada di angka 32, 2%. Hal ini berkat kerjasama seluruh tim percepatan penurunan stunting di OKI”, kata Iskandar.

Kepemimpinan Iskandar-Shodiq juga mampu mempertahanakn predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 12 tahun beruntun dan meraih predikat Baik (B) dalam penyelanggaraan ASN.
Baginya, semangat meneguhkan pembangunan yang terus melaju dan berkelanjutan akan terus ada dan terjaga di Kabupaten OKI.(***)

Facebook Comments Box