Dinilai Debitur Terbaik 2023, Pemkab Lampung Tengah Terima Penghargaan dari Kepala Kantor Wilayah DjPb Kemenkeu Provinsi Lampung

20

TINTAINFORMASI.COM, BANDAR LAMPUNG — Sekda Lamteng Nirlan S.H M.M mewakili Bupati Lampung Tengah H. Musa Ahmad S.sos M.M menerima penghargaan Debitur terbaik 2022 kategori Pinjaman Pemerintah Daerah dari di Aula Semergow Kanwil DjPb Provinsi Lampung Selasa 07 November 2023. Dalam acara tersebut hadir juga Kepala Kanwil DjPb Kemenkeu Provinsi Lampung, Kasubdit PT. SMI , Kepala BPKAD, Kabag Perekonomian, dan tamu undangan.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DjPb) Kemenkeu Provinsi Lampung Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Lampung Mohammad Dody Fachrudin menyebutkan bahwa Kabupaten Lampung Tengah menjadi debitur dengan kinerja terbaik pinjaman pemerintah pusat ke daerah tahun 2022.Kepala Kantor Wilayah DjPb Kemenkeu Provinsi Lampung Mohammad Dody Fachrudin dalam sambutan nya mengatakan bahwa dalam rangka mempercepat proses pembangunan di daerah, salah satu sumber dana yang digunakan merupakan dari pinjaman luar negeri yang kemudian diteruspinjamkan kepada pemerintah daerah ataupun BUMD dan ini dilakukan oleh beberapa daerah di sini salah satunya Lampung Tengah.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah merupakan salah satu pemerintah daerah yang memperoleh dana pinjaman dari The International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang diteruspinjamkan dengan perjanjian Nomor RDA-238/DP3/1996 yang diubah terakhir dengan Amandemen Nomor RPD-339/Eks.RDA-238/DP3/2021, dengan nilai pinjaman sebanyak Rp3,73 miliar.Penghargaan atas kinerja debitur pinjaman pemerintah tahun 2022 terbaik itu diberikan kepada Lampung Tengah, bersama 24 pemerintah daerah lain sebagai debitur berkinerja terbaik se-Indonesia.

Menurut dia, dilihat dari aspek ketepatan waktu dan aspek ketepatan nilai pembayaran pinjaman, Pemkab Lampung Tengah dikategorikan sangat baik karena pembayaran pinjaman langsung lunas pada 28 April 2022, jauh lebih cepat sebelum jatuh tempo pada 31 Agustus 2023.Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah juga memenuhi lima aspek penilaian lainnya yakni pelaksanaan rekonsiliasi outstanding pinjaman, ketepatan waktu penyampaian kewajiban laporan yang tertuang dalam perjanjian pinjaman.

BACA JUGA:  Alzier Dianis Thabranie Apresiasi Kejati Lampung Dalam Mengungkap Kasus Dugaan hibah KONI

Juga sesuai dengan jumlah perjanjian pinjaman per debitur, nilai outstanding pinjaman per debitur, serta pengenaan program restrukturisasi pinjaman per pinjaman.Penghargaan ini menjadi modal yang bagus untuk pengembangan investasi Lampung Tengah di masa mendatang. Pinjaman ini dilakukan untuk pembiayaan Proyek Sistem Penyediaan Air Bersih Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Lampung Tengah yang telah selesai dibangun.

Sementara Sekda Lamteng Nirlan S.H M.M mewakili Bupati Lamteng mengucapkan terimakasih atas penghargaan ini dan tidak menyangka bahwa Lamteng berhasil mendapatkan penghargaan ini. Sekda menambahkan Atas adanya proyek ini, masyarakat Lampung Tengah telah merasakan langsung manfaatnya berupa terpenuhinya kebutuhan air bersih. Sekda mengatakan kedepan nya Pemda Lamteng semakin baik lagi terutama untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat Lamteng.

Facebook Comments Box