Lampung Selatan

Kadis PMD Lamsel Buka Secara Resmi Kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2024 di Desa Canggung Kec Rajabasa Lamsel

3
×

Kadis PMD Lamsel Buka Secara Resmi Kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2024 di Desa Canggung Kec Rajabasa Lamsel

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG SELATAN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan Erdiansyah secara resmi membuka kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Tahun 2024. Dengan tema ” Wujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja desa dan kelurahan yang berkualitas” kegiatan berlangsung di lapangan volly ball desa Canggung, Senin ( 26/2/2024).

Turut Hadir pada kegiatan, Camat Rajabasa, Sabtudin S.Sos.M.Si. Forkopimcam, Kadis PMD Erdiansyah, Tim penilaian kabupaten Lampung Selatan, ketua Apdesi, TP PKK Se- Kecamatan Rajabasa, Kepala Desa se-kecamatan Rajabasa.Tokoh adat ,Tokoh masyarakat.

Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan 300x600
Pasang Iklan Disini Hubungi Kami

Herri Suhairi selaku Kepala Desa Canggung, Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa canggung mempunyai jumlah penduduk keseluruhan 1822 jiwa terdiri dari 510 Kepala keluarga ( KK) Selain itu kami juga banyak mengucapkan terima kasih bahwa kami warga desa canggung dapat melaksanakan lomba desa tingkat kabupaten mewakili kecamatan Rajabasa. Dengan harapan bisa menambah semangat motivasi kami untuk pelayanan khususnya desa canggung ,Baik segi kesehatan,pelayanan maupun dibidang pertanian.” Ucap kades canggung.

Lanjutnya, Adapun hal yang harus saya sampaikan juga tentang pertanian , bahwa di Desa canggung ini para petani masih belum maksimal untuk perawatan dan sebagainya Di karnakan Petani kami kesulitan pupuk, untuk pupuk penyubur tanaman aja sulit. saya mengharapkan dibidang pertanian ini ada campur tangan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, dan dapat menopang membantu sehingga petani kami bisa sejahtera dalam pertaniannya.” Ungkap Herri.

“Kemudian dalam hal pelayanan administrasi, desa kami sudah bekerja sama dengan pihak catatan sipil (capil) maka kami desa Canggung ini sudah menyiapkan untuk pembuatan KK, akte kelahiran dan keterangan kematian sudah ada di Canggung sendiri jadi tidak perlu repot-repot ke capil lagi” Jelas Herri.

Lebih lanjut Camat Rajabasa, Sabtudin. S. Sos. M. Si. Pun mengatakan, “dengan adanya evaluasi ini tentunya kita mengharapkan Kepada seluruh masyarakat desa Canggung dengan adanya penilaian ini tentunya kita akan meningkatkan tingkat atau kriteria dari pada Desa Canggung.

Pada kesempatan ini juga kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Canggung kiranya dapat membantu pemerintah Desa khususnya dalam rangka meningkatkan perkembangan Desa ini, Oleh karenanya melalui lomba Desa ini Tentunya ke ikut sertaan masyarakat ini dapat membantu untuk meningkatkan dan tentunya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat desa Canggung Ini”. Tutur Sabtudin.

“Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Lampung Selatan, Erdiansyah mewakili Bupati Lampung selatan, Nanang Ermanto Dalam sambutan Menyampaikan saya sangat mengapresiasi kinerja kepala desa Canggung, karena beliau baru menjabat, 5 bulan sebagai kepala desa dan sudah mampu menunjukkan perkembangan pembangunan desanya”. Ucap Kadis PMD.

Dengan adanya kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan ini yang sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba serta bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat desa.

Ada dua indikator utama yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa yakni data indeks desa membangun IDM dan data profil desa dan keduanya menjadi tolak ukur bagi pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa, Saya berharap dengan adanya lomba Desa seperti ini akan adanya penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan hal tersebut sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi Bidang pemerintah, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.” Tutup Erdiansyah (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *