Lampung Tengah

Ops Keselamatan Krakatau 2024, Satlantas Polres Lampung Tengah Imbau Kendaraan Bak Terbuka Tidak Memuat Penumpang

Avatar photo
4
×

Ops Keselamatan Krakatau 2024, Satlantas Polres Lampung Tengah Imbau Kendaraan Bak Terbuka Tidak Memuat Penumpang

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Lampung Tengah- Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

Dalam Operasi Keselamatan Krakatau 2024 yang berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 Maret s/d 17 Maret 2024, Sat Lantas Polres Lampung Tengah, Polda Lampung mengedepankan giat Preemtif (sosialisasi teguran dan himbauan) terhadap para pengendara.

Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan 300x600
Pasang Iklan Disini Hubungi Kami

Hari ini, Senin (4/3/24) Ipda Budi Santoso selaku Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Lampung Tengah beserta anggota menertibkan kendaraan bak terbuka seperti truck yang melintas di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera, tepatnya di Jalan Lintas Yukum Jaya Kec. Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah.

Ia memberikan pengarahan dan himbauan peraturan lalu lintas, terutama terhadap kendaraan bak terbuka seperti truck maupun pick up, supaya tidak mengangkut penumpang (orang).

Selain berbahaya, larangan tersebut juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang mengatur soal mobil bak terbuka dilarang membawa penumpang.

Hal itu dijelaskan oleh Kasat Lantas Iptu Wahyu Dwi Kristanto, S.H., M,H mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M saat di konfirmasi.

Untuk itu kata Kasat lantas, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat, pemilik transportasi bak terbuka, agar tidak lagi menjadikan kendaraannya sebagai sarana angkut penumpang.

“Karena tanpa disadari, kebiasaan ini sangat membahayakan bagi penumpang. Apalagi dalam jumlah banyak, bisa membahayakan keselamatan,” ujarnya.

Jika sudah ditegur, sambung Iptu Wahyu tetapi masih saja dilakukan, maka akan kita tindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Kasat Lantas mengatakan bahwa tertib berlalu lintas itu tidak hanya saat ada petugas Kepolisian. Tanpa keberadaan petugas pun, kita tetap harus disiplin dan mentaati peraturan lalu lintas demi keselamatan kita bersama,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, melalui Operasi Keselamatan 2024 ini, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas akan meningkat, sehingga dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib, terutama menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H diwilayah hukum Polres Lampung Tengah.

( *Team Trimo Riadi* )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *