Lampung Tengah

Pastikan Aman Kondusif, Puluhan Personel Polres Lampung Tengah Amankan Upacara Melasti di Danau Tirta Gangga

2
×

Pastikan Aman Kondusif, Puluhan Personel Polres Lampung Tengah Amankan Upacara Melasti di Danau Tirta Gangga

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Lampung Tengah— Puluhan personel Polres Lampung Tengah diterjunkan untuk mengamankan Upacara Melasti, salah satu ritual ibadah umat Hindu untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 yang berlangsung di Danau Tirta Gangga Kp. Swastika Buana Kec. Seputih Banyak Kab. Lampung Tengah, pada Jumat (8/3/24) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Kompol H.D Pandiangan, S.H., M.H mewakili Kapolres Lampung Tengah, Polda Lampung AKBP Andik Purnomo Sigit S.H., S.I.K., M.M.

Scroll Untuk Melanjutkan
Iklan 300x600
Pasang Iklan Disini Hubungi Kami

Kabag Ops mengatakan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban selama pelaksanaan Upacara Melasti berlangsung.

“Ya benar, untuk pengamanan ini, kami libatkan personel Polres dan Polsek untuk mengamankan jalannya Upacara Melasti ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan situasi tetap kondusif dan menjaga keamanan serta kelancaran Upacara tersebut,” kata Kabag Ops, di sela memimpin kegiatan pengamanan..

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan pengamanan ini sambung Kabag Ops, kami juga bersinergi dengan TNI, Satpol PP, Pecalang, Banser dan Linmas.

“Dengan adanya pengamanan yang ketat dari pihak Kepolisian bersama Instansi terkait, diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, sehingga umat Hindu yang melaksanakan Upacara Melasti di Danau Tirta Gangga, Kampung Swastika Buana dapat merasa aman, nyaman dan tenang dalam menjalankan Ibadahnya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Upacara Melasti merupakan ritual pembersihan yang dilakukan oleh umat Hindu menjelang perayaan Nyepi.

Dalam Upacara ini, umat Hindu membawa berbagai barang dan perlengkapan suci ke laut, sungai atau danau untuk melakukan penyucian.

Upacara yang diselenggarakan oleh PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kab. Lampung Tengah dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946/2024 M ini, setiap tahunnya diikuti oleh ribuan umat Hindu dari berbagai Daerah.

( *Team Trimo Riadi* )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *