Berita

Rizky J Sianturi Mahasiswa Geofisika Universitas Lampung Berkarya di Industri Panas Bumi

Avatar photo
80
×

Rizky J Sianturi Mahasiswa Geofisika Universitas Lampung Berkarya di Industri Panas Bumi

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM,. LAMPUNG – Rizky J Sianturi, mahasiswa Program Studi Teknik Geofisika Fakultas Teknik Universitas Lampung (Unila), menjalani program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di PT Anugerah Indonesia Lima (AILIMA).

Program ini memiliki fokus pada “Applied Data Management, Analysis, Modeling, and Machine Learning for Sustainable Geothermal Energy Development”.

Rizky, telah mulai mengikuti program MSIB sejak Februari hingga Juni 2024.

PT AILIMA, sebagai konsultan teknis di bidang pengembangan proyek panas bumi, terkenal dalam menyediakan layanan mulai dari eksplorasi hingga operasi di sektor energi panas bumi.

Program MSIB ini di PT AILIMA memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang tertarik dan ingin mengembangkan karir di industri panas bumi atau geothermal.

Rizky memilih PT AILIMA sebagai tempat untuk melaksanakan MSIB karena kesesuaiannya dengan minatnya dan relevansinya dengan konsentrasi studi Teknik Geofisika yang sedang ditekuninya di Universitas Lampung.

Rizky, yang juga seorang penggemar warna biru ini, berbagi pengalamannya dan memberikan tips kepada calon mahasiswa yang berminat mengikuti MSIB di PT AILIMA.

Dia menyarankan untuk mempelajari industri geothermal dengan baik, menunjukkan minat yang kuat dalam bidang tersebut, memperhatikan kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan.

“Dan jangan lupa membuat resume atau CV yang menonjol dengan menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan,” kata dia, Rabu, 24 April 2024.

Program MSIB di PT AILIMA dilaksanakan secara online dengan fokus pembelajaran terkait integrasi teknologi Artificial Intelligence (AI) berbasis cloud computing dalam platform bernama JIWA System.

“Saya juga belajar menciptakan sinergi antara pemahaman teknologi melalui perangkat lunak geothermal dengan aplikasi praktis. Melalui program ini, saya berharap dapat menggabungkan keahlian teknis dengan analisis untuk mendukung pengembangan energi panas bumi yang berkelanjutan,” ungkap Rizky.

Tantangan yang dihadapi Rizky selama MSIB termasuk jadwal yang padat dan kesulitan dalam manajemen waktu di antara berbagai kegiatan.

Perbedaan latar belakang peserta dari berbagai disiplin ilmu juga menjadi tantangan yang memperkaya pengalaman Rizky.

Namun demikian, lingkungan kerja yang mendukung dan kolaboratif di PT AILIMA memberikan motivasi kepada Rizky untuk terus belajar dan berkontribusi.

Selain itu, kesempatan untuk terlibat dalam proyek-proyek relevan dengan minat dan tujuan karir memberikan pengalaman berharga dan memperluas wawasan dalam industri panas bumi.

Pendampingan oleh praktisi dan ahli panas bumi di PT AILIMA juga menjadi nilai tambah selama masa magang Rizky.

Dia mendapatkan pemahaman mendalam tentang industri panas bumi, mengembangkan keterampilan praktis, memperluas jaringan profesional.

Serta mendapatkan wawasan tentang dinamika industri yang berguna untuk karir masa depannya.

Secara keseluruhan, pengalaman MSIB di PT AILIMA memberikan Rizky pondasi yang kuat dalam pengembangan karier di industri panas bumi.

Rizky berharap dapat terus memperdalam pemahaman tentang teknologi dan inovasi di industri panas bumi melalui pendidikan lanjutan dan pengalaman kerja.

“Setiap langkah kecil membawa kita lebih dekat menuju kesuksesan. Saya mengajak teman-teman mahasiswa untuk terus berprestasi dan berambisi mengejar impian kita,” tutur Rizky dengan semangat.

Rizky berharap kegiatan magang ini akan terus mengembangkan keterampilan dan minatnya dalam industri panas bumi hingga berakhirnya masa magang.

Dengan demikian, dia siap menjelajahi karir di industri panas bumi dengan landasan yang kokoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *