Jawa Barat

DLH Kab Bekasi Angkut Puluhan Ton Sampah di Sungai Cilemah Abang.

Avatar photo
302
×

DLH Kab Bekasi Angkut Puluhan Ton Sampah di Sungai Cilemah Abang.

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, KAB BEKASI — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali mengangkut tumpukan sampah yang tersumbat di sepanjang aliran sungai Cilemah Abang yang berlokasi dekat Jembatan Perumahan Puri Nirwana Indah Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah IV pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Sudeni menyebutkan, sampah-sampah di aliran Sungai Cilemah Abang didominasi oleh jenis sampah organik, sampah dapur hingga anorganik yang terhambat di aliran sungai kurang lebih sepanjang 100 meter.
“Banyaknya jembatan kayu yang dibangun oleh warga sempat menyulitkan evakuasi lantaran membuat sampah anorganik menyangkut pada tiang jembatan tersebut,” ujar Sudeni,

Dikatakan Sudeni, adapun proses pembersihan sampah, pihaknya menggunakan satu unit excavator jenis Long Arm dengan metode pengerukan.
Kemudian, lanjut dia, sampah-sampah tersebut diangkut dengan 10 unit armada truck sampah yang nantinya akan dibawa ke Tempat Pemrosesan Akhir.
“Ya, sampah tersebut nantinya akan dikeringkan terlebih dahulu. Pengangkutan sampah ini dipastikan akan berakhir di TPAS Burangkeng dengan estimasi sebanyak 50 ton,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Sudeni, beberapa unsur seperti organisasi kepemudaan, pengurus RT, Bimaspol desa, dan FPRB gotong-royong bersama-sama ikut berpartisipasi dalam proses pembersihan sungai tersebut.
“Alhamdulillah, dari beberapa unsur juga ikut membantu pada kegiatan ini, nah sedangkan untuk personel yang dikerahkan oleh DLH sendiri sebanyak 30 orang terdiri dari sopir armada truck, pesapon dan operator alat berat,” tambah dia.

Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dari penumpukan sampah di sungai, menurut Sudeni, adalah menyebabkan banjir, kualitas air yang semakin menurun, serta bisa memicu terjadinya penyakit akibat Nyamuk demam berdarah karena aliran sungai yang stagnan.
Sehingga dirinya mengimbau kepada segenap masyarakat agar senantiasa tidak membuang sampah sembarangan.

Ke depannya, kata Sudeni, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi terus berupaya maksimal dan berencana akan melakukan sosialisasi tentang kebersihan kepada masyarakat. Supaya masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan terutama tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.
“Adapun langkah ke depan, DLH akan mengedukasi masyarakat agar terbentuk kesadaran kolektif untuk menjaga lingkungan dengan bijak terkait tata kelola sampah dari sumbernya,” tandasnya
( Ervan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *