LampungPesisir Barat

Polda Lampung dan Polres Pesisir Barat Siapkan Pusat Komando untuk Pengamanan WSL 2024

Avatar photo
231
×

Polda Lampung dan Polres Pesisir Barat Siapkan Pusat Komando untuk Pengamanan WSL 2024

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, PESISIR BARAT — Dalam rangka mendukung pengamanan World Surf League (WSL) 2024, Polda Lampung bekerja sama dengan Polres Pesisir Barat telah membangun pusat komando komunikasi dan informasi di beberapa titik pengamanan penting di lokasi acara.

 

Langkah ini dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta dan penonton selama berlangsungnya kompetisi internasional tersebut.

 

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, menjelaskan bahwa pemasangan pusat komando ini mencakup berbagai teknologi canggih yang mendukung pengawasan dan koordinasi di lapangan.

 

“Dengan adanya pusat komando ini, kami dapat memantau seluruh pergerakan personil yang terlibat dalam pengamanan secara real-time melalui aplikasi SOT,” ujarnya, Selasa (28/5/2024).

 

Aplikasi SOT (Smart Operation Technology) ini memungkinkan call center mengetahui posisi dari seluruh personil dan memungkinkan pejabat berkomunikasi langsung secara audio maupun visual di lapangan.

 

“Pejabat bisa langsung melaporkan informasi di sekitarnya kepada call center melalui video call,” tambah Kombes Umi.

 

Selain itu, aplikasi Face Recognition Camera juga diterapkan untuk meningkatkan keamanan di area WSL.

 

Aplikasi ini mampu mengidentifikasi wajah para pengunjung yang masuk ke area tersebut dan mencocokkannya dengan data dari Disdukcapil di seluruh Indonesia serta data Daftar Pencarian Orang (DPO).

 

“Aplikasi ini terhubung dengan data Disdukcapil dan data DPO di seluruh Indonesia. Jika kamera mengidentifikasi ada pengunjung yang mirip dengan data-data yang kami masukkan, maka akan langsung ada pemberitahuan,” jelas Kombes Umi Fadillah Astutik.

 

Teknologi ini diharapkan dapat mendeteksi dan mencegah tindak pidana sejak dini.

 

Dengan identifikasi wajah yang akurat, pengamanan di sekitar area WSL dapat ditingkatkan, mencegah kejahatan, dan memberikan rasa aman kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.

 

Pemasangan pusat komando dan aplikasi-aplikasi ini merupakan bagian dari upaya Polda Lampung untuk memberikan pengamanan maksimal pada event internasional yang digelar.

 

“Kami berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran acara ini, sehingga semua peserta dan pengunjung dapat menikmati kompetisi tanpa ada kekhawatiran,” tegas Kombes Umi.

 

Dengan segala persiapan ini, diharapkan WSL 2024 dapat berjalan sukses dan menjadi ajang yang tak terlupakan bagi para peselancar dan penonton dari berbagai penjuru dunia.

 

KABID HUMAS POLDA LAMPUNG

Kombes Pol Umi Fadilah Astutik.,S.Sos.,S.Ik.,M.Si

Email : humaspoldalampung@gmail.com

Twitter : humas_poldalpg

FB : humas_@poldalampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *