Pesawaran

Kades Hanura Rio Remota: Urip Iku Urup Kiasan Bahasa Dalam Menata Pemerintahan Desa.

Avatar photo
250
×

Kades Hanura Rio Remota: Urip Iku Urup Kiasan Bahasa Dalam Menata Pemerintahan Desa.

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, PESAWARAN — Di sebuah desa di wilayah Lampung yang teduh di Indonesia, ada sosok Kades yang memiliki pedoman bahwa Hidup itu menyala (Urip Iku Urup).

Dia adalah Rio Remota Kades Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Lampung yang dikenal sebagai sosok yang tidak hanya memimpin dengan bijaksana, tetapi juga hidup dengan nilai-nilai akhlak yang tinggi.

Rio Remota dilahirkan dari keluarga sederhana yang mengajarkan kejujuran dan kerja keras. Sejak muda, Rio telah menunjukkan semangatnya dalam membantu orang lain dan membangun komunitas.

Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di bidang pendidikan sarjana pertanian, Rio Remota kembali ke desanya untuk menerapkan pengetahuannya dalam meningkatkan kualitas hidup warga desa.

Sebagai Kades, Rio tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur fisik, tetapi juga pada pembangunan moral dan nilai-nilai sosial.

Ia mempromosikan gotong royong dan kebersamaan di antara penduduk desa, mengajarkan pentingnya mendukung satu sama lain dalam setiap langkah pembangunan.

Salah satu inisiatif utama Rio adalah program untuk meningkatkan kualitas di desanya. Ia membangun gedung baru, Dengan tekad dan kerja kerasnya, Rio berhasil mengubah desa Hanura dengan lebih baik.

Namun, kesuksesan Rio tidak hanya terlihat dari prestasinya, ia juga memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan mengajak warganya untuk menjaga kelestarian alam sekitar. Melalui kampanye penyadartahuan, desa Hanura kini dikenal sebagai contoh dalam praktik keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, Rio juga aktif dalam membantu para petani lokal untuk meningkatkan hasil panen mereka. Dengan membawa teknologi pertanian yang baru dan memberikan pelatihan tentang praktik pertanian yang lebih efisien, ia berhasil meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi banyak keluarga di desa.

Saat ini, desa Hanura Rio Remota telah berubah menjadi contoh keberhasilan transformasi yang dilakukan dengan kasih sayang, kebijaksanaan, dan kerja keras.

Kehidupan yang dulu kelam kini berubah menjadi penuh cahaya dan harapan, berkat kepemimpinan yang tulus dari Kades Hanura Rio Remota yang tak kenal lelah untuk kebaikan bersama.

Kisah Hanura Rio Remota mengajarkan kepada kita semua bahwa hidup adalah tentang bagaimana kita menyala dan bersinar, bahkan di tengah kegelapan dan kesulitan.

“Urip Iku Urup,”penerapan bahasa Jawa dari gagasan Kades Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Lampung. Sabtu (22/06/2024).

(Red An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *