LampungTanggamus

Pj. Bupati Tanggamus Hadiri Penutupan Karya Bakti TNI Kodim 0424

Avatar photo
200
×

Pj. Bupati Tanggamus Hadiri Penutupan Karya Bakti TNI Kodim 0424

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Tanggamus —

Pj. Bupati Kabupaten Tanggamus Dr. Ir. Mulyadi Irsan, MT Menghadiri Penutupan Karya Bakti TNI tahun 2024, oleh Kodim 0424/Tanggamus. Kamis, (04/07/2024).

Kegiatan yang berpusat di Pekon Wayilahan, Kecamatan Pulaupanggung, tampak hadir Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH. SIK. MSi, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan S.Sos, Kepala Pengadilan Agama Tanggamus di wakili Kasubag Pengadilan Agama Minasir S.Ag, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Arpin, SPd, MM, KadisKes Taufik Hidayat, Kadis Kominfo Suhartono, Plt.Kaban Kesbangpol Syamjuniston, Kasdim 0424 Mayor Inf Solikhul Makruf, Pasi Jajaran Kodim 0424, Danramil Jajaran Kodim 0424, Kapolsek pulau panggung AKP Rahadi, Danunit Intel Kodim 0424 Letda inf Yudi Pinalosa, Camat Pulau panggung Kuroisin S.E, Camat Airnaningan Royensyah SE, MM, Ketua APDESI Kec.Pulaupanggung Darmawansyah, Ketua APDESI Kec.Airnaningan Saibun Iskandar, Kepala Pekon Wayilahan Dwi Sugiyanto, Personil Kodim 0424/Tanggamus dan Masyarakat Wayilahan.

Dalam sambutannya, Dandim mengatakan, Karya Bakti tersebut merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah, serta merupakan komitmen perwujudan moral TNI dan pemerintah, kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tanggamus.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PJ. Bupati Tanggamus dan instansi terkait, serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu, bersama-sama menyelesaikan Karya Bhakti ini baik fisik maupun non fisik, sehingga Karya Bhakti ini dapat berjalan dengan baik,” katanya.

 

Dengan berakhirnya Karya Bakti, Dandim juga berpesan kepada personel Satgas dan seluruh masyarakat Tanggamus, yaitu :

1. Pertahankan kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat yang telah dirasakan selama pelaksanaan Karya Bakti.

2. Tingkatkan semangat bekerja dan membangun bersama sebagai bagian dari solusi bagi pembangunan daerah.

3. Pelihara dan manfaatkan seluruh hasil Karya Bakti ini sebaik-baiknya.

Selain itu, Letkol inf. Vicky Heru harsanto juga berharap kepada semua TNI agar dapat memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat.

“Dengan Mengucapkan lafaz, Alhamdulillahirobilalamin, Pada Pukul 15.00WIB. kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2024, di Pekon Wayilahan Kec.Pulaupanggung, Kab.Tanggamus dengan resmi Saya tutup,” tutup Dandim.

Sementara PJ. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu wujud dari Operasi Bakti TNI, yang merupakan program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah. “Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan daerah untuk kepentingan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan Mulyadi, Kecamatan Pulaupanggung, strategis, memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang cukup besar, sehingga diperlukan peningkatan pembangunan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan sehari-hari masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor: B.112/34/08/2024, Tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2024 di Pekon Wayilahan, Kecamatan Pulau Panggung.

 

Kegiatan Karya Bakti TNI itu terdiri dari :

1. Pembukaan badan jalan sepanjang 2.025 meter dan lebar 6 meter,

2. Perkerasan jalan dengan Onderlagh, panjang 175 meter dan lebar 3,5 meter,

3. Pembuatan gorong-gorong Plat Type dengan ukuran diameter 1,5 meter dan panjang 5 meter sebanyak 2 unit,

4. Pembuatan gorong-gorong Buis Beton dengan ukuran diameter 40 cm dan panjang 5 meter,

5. Pekerjaan jembatan plat beton dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar 5 meter,

6. Pekerjaan pasangan talud sayap dan oprit jembatan dengan ukuran panjang 80 meter,

7. Pekerjaan pasangan bronjong dengan ukuran panjang 70 meter dan tinggi 2 meter.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga telah turut serta dalam beberapa kegiatan non-fisik, antara lain:

1. Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara,

2. Penyuluhan Pemberdayaan Pemuda melalui Karang Taruna,

3. Penyuluhan Pengertian, Kriteria, dan Ciri-ciri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),

4. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi bagi Pasangan Usia Subur,

5. Penyuluhan mekanisme penerimaan Bansos,

6. Penyuluhan Transformasi Pendidikan dan Cara Pembelajaran yang Menyenangkan,

7. Penyuluhan Literasi Digital dan UU ITE,

8. Penyuluhan Pola Hidup Sehat dan Pencegahan Stunting,

9. Pelayanan Administrasi Kependudukan,

10. Pelayanan Kesehatan/Pengobatan gratis, Sunatan Masal dan Pelayanan KB,

11. Pelayanan Kesehatan Hewan Ternak dan Pemberian Vitamin Hewan Kambing,

12. Bantuan bibit tanaman keras (Petai, Pinang, Durian, dan Sirsak),

13. Bantuan Sembako untuk Warga Miskin,

14. Bantuan Peralatan Olahraga,

15. Bantuan ATK untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Semua kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pekon, untuk menggugah kesadaran masyarakat akan budaya gotong-royong dan partisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri, serta untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, disiplin, dan tertib hukum untuk meningkatkan stabilitas keamanan serta kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Tanggamus. Dengan selesainya pekerjaan ini, diharapkan masyarakat dapat merawat hasil pembangunan ini.

“Alhamdulillahirabbilalamin, Kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 0424/Tanggamus Tahun 2024 secara resmi saya nyatakan Ditutup,” tutup Pj.Bupati Tanggamus.

(Hadi Haryanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *