Lampung

Alzier Menyambut Gembira Berakhirnya Tarik-menarik Jadwal Mukhtamar NU KE-34

Avatar photo
10
×

Alzier Menyambut Gembira Berakhirnya Tarik-menarik Jadwal Mukhtamar NU KE-34

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Lampung — Mustasyar NU Wilayah Lampung Alzier Dianis Thabranie menyambut gembira berakhirnya tarik-menarik hingga tuntutan jadwal pelaksanaan Mukhtamar ke-34 Nahdatul Ulama (NU) di Lampung.

“Alhamdullilah, akhirnya, kedua pihak sepakat Mukhtamar sesuai dengan rencana awal, 23-25 Desember 2021,” ujarnya dilansir dari Lampung.Poskota.co.id, Rabu (8/12/2021).

Sebelumnya, Alzier sempat mengkhawatirkan perdebatan terkait jadwal pelaksanaan mukhtamar tersebut. Dia sempat menyarankan kedua pihak menyelesaikan dengan kepala dingin.

Alzier menilai tidak pantas konflik internal sesama NU tersebut dibawa ke ranah hukum, karena hanya akan memperpanjang masalah.

“Tidak pantas ribut – ribut Internal , karena kita sama–sama orang NU agar tak terjadi perpecahan di tubuh NU,” tandasnya.

Sebelumnya, Senin (6/12/2021), Lembaga Bantuan Hukum Nahdatul Ulama (LBHNU) Provinsi Lampung mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi kelas 1A Bandarlampung terhadap KH. Miftahul Akhyar selaku Pejabat Rais ‘Aam PBNU.

Selain itu, Syuriyah PWNU Provinsi Lampung sebagai pimpinan tertinggi NU meminta kepada Kapolri untuk tidak memberikan izin atas pelaksanaan Muktamar ke-34 NU yang akan dilaksanakan pada 17 Desember mendatang.

Bahkan, Hingga sampai dengan terbitnya keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Yang tertuang dalam register 211/Pdt.G/2021/PN Tjk terkait dengan Surat Rais Aam PBNU nomor 4272/A..03/11/2021

Menurut PWNU Lampung, hal itu tidak sesuai sebagaimana Anggaran Dasar NU Bab VIl Pasal 14 Ayat (3) , Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi Nahdlatul Ulama

Dualisme pelaksanaan Mukhtamar ke-34 NU yang awalnya terpecah akhirnya sepakat tetap dilaksanakan di Lampung, 23 sampai 25 Desember 2021.

Hal itu disampaikan pengurus Pengurus Besar NU (PBNU), Selasa (7/12/2021). Surat ditujukan kepada Pengurus Wilayah NU (PWNU) dan Pengurus Cabang NU (PCNU) se-Indonesia, termasuk PCNU di seluruh dunia.

Sebagai tuan rumah, PCNU Bandarlampung dan Lampung Tengah menyambut baik keputusan PBNU. Dengan pemberitahuan waktu pelaksanaan mukhtamar ke-34 NU, semua wacana waktu mukhtamar ke-34 berakhir.

Ketua PCNU Bandar lampung Ichwan Aji Wibowo dan Ketua PCNU Lamteng KH Imam Suhadi bersyukur keputusan bisa diterima semua pihak.

Mereka rencana akan segera rapat membahas pelaksanaannya, termasuk koordinasi dengan para pemangku kebijakan, antara lain Dinas Kesehatan dan Kepala Daerah setempat.

Mukhtamar ke-34 NU bakal digelar di dua universitas di Kota Bandar lampung, yakni UIN Radin Intan Lampung dan Universitas Malahayati serta di Pondok Pesantren Darussa’adah di Lampung Tengah. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *