Lampung Tengah

Diduga Perencanaan Konstruksi Tidak Matang, Selesai Dibangun Jembatan Tulung Balak Alami Keretakan

Avatar photo
41
×

Diduga Perencanaan Konstruksi Tidak Matang, Selesai Dibangun Jembatan Tulung Balak Alami Keretakan

Sebarkan artikel ini

Lampung Tengah, TintaInformasi.com — Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah pada Tahun Anggaran 2021 telah mengalokasikan pembangunan Jembatan Tulung Balak, ruas jembatan tersebut menghubungkan antara Desa Marga Jaya dengan Desa Linggapura Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah.

Usai dilakukan serah-terima pekerjaan dari pihak rekanan selaku pelaksana pembangunan dengan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Bina Marga, jalan jembatan tersebut, baik yang terdapat dibadan jembatan maupun jalan rabat beton yang ada disisi kanan-kiri jembatan sudah mengalami keretakan-keretakan.

Dugaan sementara, penyebab terjadinya keretakan pada badan jalan tersebut adalah karena konstruksi rangka jembatan yang kurang matang dalam perencanaannya atau mungkin konstruksi berdiri diatas tanah yang masih labil sehingga bangunan mengalami pergerakan-pergerakan.

Salah seorang warga Negeri Jaya, Widodo saat dijumpai dilokasi pembangunan, menyebutkan bahwa jalan yang ada diatas (badan) jembatan dan jalan rabat beton yang ada disisi kanan-kiri jembatan sudah mengalami keretakan.

“Ya, ini bisa dilihat jalannya sudah banyak yang retak, keretakan ini bukan sekedar lapisan bagian atas saja tapi ini namanya patah. Kalau sudah begini sepertinya kalah tambah rusak,” jelas Widodo, Kamis (21/4/2022).

Widodo juga menyebutkan bahwa sepanjang pengetahuannya dalam proses pembangunan jembatan ini dikerjakan oleh orang luar, tidak ada yang melibatkan tenaga kerja dari sekitar proyek pembangunan Jembatan Tulung Balak ini.

Sekretaris Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah yang dikonfirmasi melalui saluran WhatsApp memberikan jawaban bahwa pihaknya akan segera melakukan pemeriksaan atas kondisi bangunan jembatan tersebut.

Sambil menunggu hasil tinjauan yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga, media ini juga akan mengkonfirmasi kepada Komisi III DPRD Lampung Tengah guna memfasilitasi gelar dengar pendapat (hearing) dengan para pihak, tentang penyebab sesungguhnya atas kerusakan bangunan jembatan tersebut.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *