Lampung

Lagawi Fest 2022, Masyarakat Sulit Jangkau Acara Puncak Yang Digelar Kemenperin

Avatar photo
19
×

Lagawi Fest 2022, Masyarakat Sulit Jangkau Acara Puncak Yang Digelar Kemenperin

Sebarkan artikel ini

TintaInformasi.com, Lampung – Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Lagawi (Lampung Bangga Wira Usaha Industri) Fest 2022 berlangsung sukses dan meriah meski tanpa ada masyarakat yang mengunjunginya.

Dengan tagline “Satu Bumi Juta Karya”, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menggelar acara puncak Gernas BBI Lagawi Fest 2022 hanya diikuti 200an peserta tanpa ada masyarakat yang mengunjungi secara langsung di Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran, Kamis (23/6).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada puncak acara Gernas BBI di Pulau Tegal Mas Kabupaten Pesawaran mengatakan harapannya hal itu dapat menjadi motivasi pelaku UMKM dalam berinovasi dengan melibatkan tenaga kerja masyarakat luas.

“Saya berharap dengan gelaran acara Gernas BBI tahun ini dapat menjadi motivasi pelaku UMKM dalam berinovasi, dengan melibatkan tenaga kerja masyarakat luas, dengan demikian juga dapat meningkatkan perekonomiam masyarakat, dan menekan angka pengangguran,”ucapnya.

Menparin Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan terdapat tujuan utama Gernas BBI digelar diantaranya meningkatkan industri kecil dan peningkatan transaksi industri menengah.

“Sehingga untuk menaikkan jumlah UMKM dan IKM hingga 30 juta yang ditargetkan pemerintah, akan dilakukan edukasi Kepada pelaku UMKM dan IKM dengan berbasis online” Kata Menperin dalam pembukaan acara Lagawi Fest 2022.

Sementara, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang hadir saat perhelatan puncak Lagawi Fest 2022 memuji keindahan pulau tersebut.

“Kita hadir di Pulau Tegal Mas untuk menyaksikan keindahan, yang saya lihat luar biasa dari atas helikopter tadi. Saya lihat patenlah barang ini,” kata Luhut memuji.

Bahkan, pelaksanaan puncak Lagawi Fest Gernas BBI 2022 yang diselenggarakan di Pulau Tegal Mas dinilai sangat tepat.

Menurut keterangan tertulisnya, menanggapi itu, Owner Pulau Tegal Mas, Thomas Aziz Riska mengucapkan terima kasih kepada Menko Marves serta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang serta Gubernur Arinal Djunaidi dan Bupati Dendi Ramadhona.

Thomas meyakini, dengan adanya kegiatan yang dipusatkan di pulau tersebut akan membangkitkan perekonomian di sektor wisata.

“Apalagi kita sempat alami pandemi Covid-19 selama dua tahun. Mudah-mudahan ini menjadi untuk kita bisa bangkit,” jelasnya.

Dia mengatakan, dengan dukungan dari para menteri, menjadi motivasi untuk terus berbenah dan memberikan yang terbaik.

“Kami berharap makin banyak kegiatan nasional bahkan internasional di Provinsi Lampung. Khususnya di Tegal MasSehingga lokasi ini menjadi lokasi yang dipilih dan terus dikembangkan,” jelasnya.

Sehingga, akan memberikan tambahan pendapatan untuk pemerintah Provinsi Lampung dan Kabupaten Pesawaran.

“Mari kita bersama-sama bangkitkan pariwisata di Provinsi Lampung sehingga dikenal luas jangan hanya bagian timur. Karena Lampung juga berani tampil dan dikenal,” sebutnya.

Sepanjang tahun 2022, pemerintah mengagendakan serangkaian kampanye Gernas BBI di 12 provinsi. Tahun ini, Kemenperin berperan menjadi salah satu campaign manager Gernas BBI yang digelar di Provinsi Lampung dengan tema Lagawi Fest, Lampung Bangga Wirausaha Industri, Satu Bumi Juta Karya. Gelaran BBI Lagawi Fest telah dimulai sejak 17 Maret lalu dan rangkaiannya akan berlangsung hingga akhir tahun.

“Kami telah melakukan pendampingan terhadap 30 IKM Lampung terpilih, yang transaksi penjualannya terus dimonitor sehingga didapatkan 5 IKM champion,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *