Makna Tersirat Dari Budaya Kirim Karangan Bunga Papan ? Simak Penjelasannya !!

263

TINTAINFORMASI.COM, NASIONAL¬†— Mengutip publikasi Bunga Papan sebagai Seni Temporer, Tinjauan Estetika dan Makna Simbolis, pada 1970-an bunga papan lebih dikenal dengan istilah stekwerk.

Steekwerk berasal dari bahasa Belanda, yaitu stek berarti sulam dan werk adalah pekerjaan. Steekwerk pekerjaan menyulam bunga di sebuah medium menjadi suatu bentuk berupa gambar, tulisan, maupun hiasan.

Di Indonesia yang tak terlepas dari riwayat kolonial Belanda, istilah steekwerk diasumsikan sebagai bunga papan. Para pedagang bunga pada 1970-an hingga 1980-an lebih berfokus kata stekwerk. Sedangkan rangkaian bunga lainnya disesuaikan bentuknya, seperti bunga meja dan bunga krans.

Karangan bunga papan digunakan masyarakat, khususnya pebisnis dalam memberikan ucapan selamat hingga duka cita atau belasungkawa. Karangan bunga ini berbentuk persegi panjang dengan hiasan bunga, motif beraneka ragam, warna-warni. Terlihat jelas pengirim dan tujuan pengirimannya.

Mengutip publikasi Memberi Ucapan Melalui Karangan Bunga Menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Sumatera Utara, karangan bunga atau bunga papan biasanya terlihat saat ada upacara pernikahan, ulang tahun, peresmian suatu tempat, ungkapan duka cita. Ada ungkapan yang ingin disampaikan dalam karangan bunga itu.

Sebagian masyarakat bisa saja menganggap saat ini tanpa bunga papan, pesta atau acara tidak begitu berkesan dan duka terasa seperti tak banyak orang bersimpati. Bunga papan juga sering disimbolkan sebagai kemewahan atau kekayaan, simbol strata kehidupan atau sebagai orang terpandang. Namun, hal itu hanya suatu makna perasaan. Bukan fakta yang diterima logika.

Karangan bunga papan juga dipandang sebagai mode tren, sehingga acara kecil sekalipun menampilkan bunga papan di tempat acara. Seperti, perayaan kelulusan kuliah, lulusan sekolah SMA, ketika perusahaan atau toko mulai dibuka, dan perayaan ulang tahun seseorang, kerap kali ada bunga papan sebagai ucapan selamat berbahagia.

BACA JUGA:  Kukuhkan Pasukan Respon Cepat Power On Hand, Kapolda Lampung : Untuk Tanggulangi Kejahatan dan Konflik Sosial

Pentingnya Memberikan Karangan Bunga Papan dalam Setiap Acara.

Menjaga Hubungan Baik

Salah satu manfaat memberikan bunga papan yaitu selalu mendukung dan menyumbangkan kepedulian kepada orang-orang terdekat, kolega atau keluarga. Dalam hal pekerjaan atau bisnis, hubungan baik sangat penting untuk dijaga. Misalnya terhadap teman bisnis yang baru membuka toko baru atau rekan kerja yang mendapatkan prestasi kerja/promosi jabatan. Memberikan dukungan dengan mengirimkan hadiah bunga papan tentu akan memberikan kesan yang baik di mata teman bisnis/rekan kerja. Sebaiknya kirimkan bunga berwarna cerah yang menunjukkan anda turut berbahagia atas keberhasilan yang diraih.

Menyampaikan Duka Cita/Bela Sungkawa

Tidak hanya untuk mengucapkan selamat atas kebahagiaan, papan bunga duka cita juga bisa diberikan ketika ada momen kesedihan. Ketika orang-orang terdekat mengalami musibah misalnya kehilangan anggota keluarga. Selain anda datang ke rumah duka, anda juga bisa memberikan rangka papan bunga. Ini menjadi cara yang tepat untuk mengurangi kesedihan beban mereka. Selain sebagai bentuk empati, ini juga bisa mengganti ungkapan kesedihan sekaligus motivasi agar teman terdekat kembali ceria.

Membangun Kesan Baik di Mata Masyarakat

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu terhubung dengan orang lain. Untuk meningkatkan kesan baik di mata orang lain, seseorang biasanya melakukan kegiatan sosial yaitu membantu atau memberikan apresiasi pada orang lain. Jika ingin memberikan kesan yang baik bagi masyarakat, tidak ada salahnya memanfaatkan momen-momen penting yang dihadiri oleh banyak orang seperti acara pernikahan/membuka kantor baru.

Memberikan bunga pada seseorang yang sedang berbahagia atas kehidupan baru maupun keberhasilan bisa membangun kesan yang baik di mata masyarakat. Ini termasuk pencitraan yang positif karena ada nama pengirim pada karangan bunga. Orang-orang tentu akan membaca namanya meskipun mereka tidak mengenal siapa orangnya.

BACA JUGA:  Kabag SDM: Personil Polresta Bandar Lampung Jangan Gaptek Media Sosial

Ketika anda mengirimkan karangan bunga saat seseorang meninggal, maka orang-orang akan menganggap anda adalah orang yang dermawan, senang membantu maupun meringankan penderitaan orang lain. Ini tentunya akan meningkatkan citra baik anda secara perlahan.

Menjalin Silaturahmi

Manfaat dari mengirimkan karangan bunga yaitu karangan bunga bisa menjadi sarana menjaga tali silaturahmi berbagai lapisan masyarakat. Dimana ketika seseorang atau sebuah perusahaan sedang mengadakan acara atau berduka cita maka bunga papan berisi ucapan selamat dan doa singkat untuk para penerimanya. Apalagi jika bunga papan tersebut dikirimkan oleh tokoh ternama. Maka hal tersebut bisa menjadi kebanggan tersendiri untuk si penerima.

Sebagai Sarana Promosi Terselubung

Memberikan karangan bunga papan juga bisa menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan bisnis yang sedang anda jalankan. Caranya yaitu dengan membuat sponsor yang berbentuk karangan bunga. Kemudian, orang-orang bisa mengenal badan usaha dan jenis bisnis yang dijalankan. Anda hanya perlu mencantumkan nama pada bagian pengiriman. Selain menjadi tempat promosi gratis, karangan papan bunga juga bisa lebih cepat dalam memperkenalkan brand anda secara live dan tepat pada sasaran.

Ini tentu menyenangkan karena simple dan mudah diterapkan. Tentu anda tidak merasa rugi karena memberikan hadiah spesial kepada orang yang istimewa sekaligus memperkenalkan bisnis anda. Ini seperti mendapatkan dua keuntungan. Yang pertama mendapatkan kesan baik di masyarakat sedangkan yang kedua bisnis anda menjadi lebih dikenal.

Menunjukkan Ada Kerjasama

Kerja sama bisa terlihat dari kiriman papan bunga. Partner bisnis yang memiliki hubungan kerjasama yang baik biasanya akan memberikan karangan bunga untuk perusahaan lain yang menjadi rekannya sebagai bentuk apreasiasi dan kepedulian. Dengan demikian, kedua pihak bisa menjalani hubungan kerja sama dengan sangat baik.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lamsel Nilai Kinerja Kadis Kesehatan Kurang Becus dan Susah Ditemui, Minta Segera Agar di Copot

JENIS-JENIS BUNGA PAPAN & KEGUNAANNYA:

1. Bunga papan congratulations : Bunga papan ini sangat cocok untuk diberikan kepada rekan bisnis atau teman;

2. Bunga papan duka cita : Bunga ini bertujuan untuk menyampaikan bela sungkawa atas kematian seseorang;

3. Bunga papan happy birthday : Diberikan pada hari ulang tahun atau hari jadi;

4. Bunga papan wedding : Untuk mengucapkan selamat pada hari pernikahan

5. Bunga papan selamat dan sukses : Bertujuan untuk memberikan ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan orang lain

Ingin Memesan Bunga Papan Terbaik? Finger Dance Florist Saja!

Finger Dance Florist merupakan toko bunga Lampung yang menyediakan bunga segar dengan memberikan kualitas terbaik. Kami melayani pemesanan bunga papan untuk berbagai kebutuhan seperti ucapan selamat, untuk pernikahan dan papan bunga duka cita. Selain itu, ada juga jenis-jenis karangan bunga lainnya seperti bunga standing, flower box, hingga bungan meja. (Red)

Facebook Comments Box