LampungMasyarakatNasionalPemerintahan

Proyek Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus Milik Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Miliaran Rupiah di Bangun di Atas Tanah Wakaf

Avatar photo
73
×

Proyek Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus Milik Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Miliaran Rupiah di Bangun di Atas Tanah Wakaf

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Hj. Reihana, M. Kes memberikan reaksinya terkait pemberitaan yang beredar sejak beberapa hari lalu terkait Proyek pembangunan Puskesmas Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus.

Kadiskes Reihana memberikan penjelasan sesuai apa yang disampaikan Kadiskes Kabupaten Tanggamus menjawab pertanyaan dari awak media tentang Puskesmas yang bersumber dari dana APBD melalui Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, sebesar Rp.4.094.000.000.

Kadiskes Reihana jika lahan tersebut telah dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, karena sebelumnya di informasikan Puskesmas tersebut diduga dibangun diatas tanah makam atau tanah wakaf pemakaman umum.

“Ini penjelasan dari Kadiskes Tanggamus, Kalau lahan disiapkan Pemda Tanggamus”jelas Kadiskes Provinsi Lampung Reihana pada awak media. Jumat (4/11/22).

Kemudian, Kadiskes Reihana juga menyampaikan penjelasan dari Kadiskes Kabupaten Tanggamus dan dikatakan Puskesmas tersebut adalah tanah milik desa yang sebelumnya dihibahkan ke Pemda Tanggamus untuk pembangunan Puskesmas Rawat Inap.

“Ijin menjelaskan Bunda Tanah yg dibangun Puskesmas tersebut adalah tanah milik desa yg sebelum dihibahkan ke Pemda Tangamus untuk pembangunan Puskesmas Rawat Inap sudah melalui musyawarah di balai desa Gunung sari yg dipimpin oleh Camat Ulu Belu, dan disepakati secara tertulis oleh Aparat Desa dan Tokoh Masyarakat yg hadir dalam rapat tersebut.”tulis Kadiskes Kabupaten Tanggamus.

Kadiskes Kabupaten Tanggamus Taufik Hidayat, S.E., M.Kes juga menyampaikan jika lahan tersebut telah di verifikasi terlebih dahulu.

“Pada saat pak Yuli memverifikasi kesiapan lahan di Gunung Sari, hibah tanah tersebut sudah ditunjukan ke pak Yulianto”. tulisnya.

Disampaikan juga, Beberapa waktu yang lalu ada wartawan yang konfirmasi ke Dinkes Tanggamus terkait lahan yang dibangun dan sudah mendapat penjelasan secara rinci oleh Sekretaris Dinkes Tanggamus.

“Informasi yang kami dapat dari latar belakang pemberitaan tersebut adalah adanya salah satu tokoh yg dulu sudah menyediakan tanah namun tidak jadi di sepakati menjadi calon lokasi pembangunan Puskesmas, mungkin dengan pertimbangan kurang strategis, disamping itu kebetulan ada tanah desa yg lokasinya di pinggir jalan besar.”katanya.

Diterangkannya, Puskesmas tersebut memang berbatasan dengan lokasi tempat pemakaman umum desa yang posisinya lebih rendah tapi bukan berarti pembangunan di atas TPU desa tersebut.

“Hanya memang posisi pembangunan puskesmas tersebut berbatasan dengan lokasi tempat pemakaman umum desa yg posisinya lebih rendah tapi bukan berarti pembangunan puskesmas dilokasi TPU desa.

Demikian penjelasan dari kami Bunda, terima kasih sebelumnya”pungkasnya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *