Bandar LampungLampungPemerintahan

Wakil Gubernur Chusnunia Chalim Menjadi Inspektur Upacara Peringati Hari Bela Negara

Avatar photo
16
×

Wakil Gubernur Chusnunia Chalim Menjadi Inspektur Upacara Peringati Hari Bela Negara

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, BANDAR LAMPUNG – Hari Bela Negara(HBN) adalah hari para pahlawan dan pejuang mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Generasi milenial harus tahu sejarah Hari Bela Negara.

Sejarah Hari Bela Negara berkaitan dengan memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tanggal 19 Desember 1948.

Maka dari itu Wakil Gubernur(Wagub) Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengajak Peringatan Hari Bela Negara Ke- 74 sebagai momentum untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). senin(19/12/22).

Hadir dalam upacara hari bela negara tersebut,Peleton TNI.AD, TNI.AL, TNI.AU, Polda Lampung, peleton Brigif, Sat Pol PP Provinsi Lampung, PNS Provinsi Lampung, FKPPI, FKBN, SMKN 6 Bandar Lampung.

Wagub saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke- 74 Tahun 2022 di Lapangan Korpri, Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Menyampaikan Bahwa upacara Bela Negara sebagai upaya bersama yang di lakukan oleh seluruh komponen bangsa.

“Melalui peringatan ini, kita meneguhkan niat kita, bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Selamat Hari Bela Negara ke- 74, Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,” ujar Nunik membaca amanat Presiden RI Joko Widodo.

Nunik mengatakan pesan Presiden, untuk terus membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

“Sebab kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang,” katanya.

Nunik menjelaskan Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

“Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Nilai Dasar Bela Negara, kata Nunik yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan Kemampuan Awal Bela Negara.

“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” katanya.

Melalui peringatan Hari Bela Negara ke-74, Nunik mengatakan bahwa Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera,” pungkasnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *