Pesawaran

Lembaga SAR PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung Ikuti Gathering Nusantara Relawan Rescue

21
×

Lembaga SAR PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung Ikuti Gathering Nusantara Relawan Rescue

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, PESAWARAN — Lembaga Search And Rescue (SAR) PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung, mengirimkan 23 peserta untuk mengikuti Gathering Nusantara Relawan Rescue Nasional, yang dilaksanakan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Lampung bersama Lembaga dan Organisasi Potensi SAR Lampung, dan diikuti oleh utusan peserta dari berbagai Lembaga dan Organisasi Potensi SAR baik dari Provinsi Lampung, maupun dari Provinsi lainnya di Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari (3-5 Maret 2023), bertempat di Youth Camp Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman Pesawaran Provinsi Lampung, dan dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung, Hj. Chusnunia Chalim, SH.,M.Si.,M.Kn.,Ph.D, pada Sabtu, (4/3/2023).

Kepada awak media, Ketua Harian Lembaga Search And Rescue (SAR) PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung, Ahmad Sibli Rais didampingi Sekretaris, Rudi Antoni mengatakan, Lembaga SAR PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung dilahirkan 10 Tahun yang lalu, tepatnya pada 12 September 2013 dalam HUT FKPPI Ke-35, dan dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Pusat KB FKPPI, Pontjo Sutowo pada 4 Desember 2013 di Gedung LPMP Pahoman Bandar Lampung, dan Kepengurusan Lembaga SAR PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung Hasil Musda Periode 2023 – 2028, baru saja dilantik pada 15 Februari 2023, oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat KB FKPPI, H. Dudhie Makmun Murod di Gedung yang sama, ujar Sibli.

Sejak berdiri hingga saat ini, Lembaga SAR PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung telah melaksanakan 3 (tiga) kali Pendidikan dan Latihan (Diklat) SAR FKPPI, dan setiap angkatan diikuti oleh 100 (seratus) orang peserta dari Lembaga SAR KB FKPPI Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, dan perwakilan Mahasiswa Pencinta Alam dari berbagai Perguruan Tinggi, total yang telah mengikuti Diklat SAR FKPPI tiga angkatan sebanyak 300 (tiga ratus) orang, terang sibli.

Sibli mengatakan, Diklat SAR FKPPI Angkatan I (pertama) dan II (kedua) dilaksanakan di Dusun Tanjung Alo, Kelurahan Kedaung Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Instruktur Diklat SAR FKPPI berasal dari Brigif 3 Marinir Piabung, dan Senior Lembaga SAR FKPPI, dengan Koordinator Instruktur saat itu, Letkol (Mar) Sunarko dan Anggota dari Brigif 3 Marinir, dibantu Instruktur dari Lembaga SAR FKPPI, Padang Priyo Utomo, Ahmad Sibli, Rudi Antoni, Riza Yudha Patria, Topan Indra Karsa, Ujang Periady, Munadi Afrizal, Yoni Saputra dan instruktur lainnya.

Diklat SAR FKPPI Angkatan pertama dan kedua, penutupan dan pembaretan dilakukan oleh Komandan Brigif 3 Marinir Piabung saat itu, Kolonel (Mar) Edi Juardi, tegas Sibli.

Sibli menambahkan, Diklat SAR FKPPI Angkatan ketiga, dilaksanakan di Youth Camp Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman Pesawaran, dengan Instruktur dari internal Lembaga SAR FKPPI Lampung, dan diikuti Pengurus dan Anggota Lembaga SAR FKPPI Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dalam perjalanannya Lembaga SAR FKPPI Lampung, telah banyak melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan, serta membantu tanggap bencana diberbagai tempat.

Saat melepas keberangkatan Peserta SAR FKPPI yang akan mengikuti Gathering Nusantara Relawan Rescue, Ketua PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung, H. Tony Eka Candra berpesan, agar Peserta SAR FKPPI untuk mengikuti acara dengan baik dan sungguh-sungguh, serta mematuhi semua aturan, ketentuan dan tata tertib yang ditetapkan oleh Panitia Penyenggara. Tony berharap ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh, nantinya dapat di ketok tularkan kepada Pengurus dan Anggota Lembaga SAR FKPPI Provinsi dan Kabupaten/Kota. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *