AdvetorialTanggamus

Dinas Perpusipda dan Beberapa OPD Tanggamus Kolaborasi Dengan Peduli Gelar Acara “Dongeng Inspiratif”

60
×

Dinas Perpusipda dan Beberapa OPD Tanggamus Kolaborasi Dengan Peduli Gelar Acara “Dongeng Inspiratif”

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, TANGGAMUS – Peduli (Penggerak dan Duta Literasi) berkolaborasi dengan beberapa OPD terkait, yang terdiri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia Global Potensi serta Bunda Literasi Kabupaten dan Pekon Sekecamatan Kota Agung.

Kegiatan Storytelling, Game, Dorrpriza dan Dongeng Inspiratif di Rumah Ceria Kampung Dongeng bertajuk “Wisata Imajinasi Anak Indonesia” dengan menghadirkan pendongeng Kak Tian dan Gogon, bertempat di Rumah Dinas Sekretaris Daerah, (Selasa 14 Maret 2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Nuraini Hamid Lubis mewakili Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis yang juga sebagai Bapak Peduli Kabupaten Tanggamus, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gigih Rudiansyah yang juga diwakili Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Johan Wahyudi dan Dinas terkait.

Kegiatan itu diramaikan oleh para siswa dari TK Islam Teladan dan Paud KB Nanda Ihsani beserta para guru dan wali murid, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani berharap agar kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk para siswa dan wali murid.

“Kegiatan hari ini semoga dapat bermanfaat, tadi sudah kita lihat antusias anak-anak dalam bermain dan sambil belajar, kemudian juga ibu-ibunya tidak hanya menunggu saja melainkan diberikan juga edukasi tentang pengelolaan limbah rumah tangga dan tentang pemetaan anak. Saya berharap bisa menjadi anak-anak yang pintar dengan ibu-ibunya yang memiliki kemampuan, pengetahuan dan wawasan yang dapat membawa kehidupan yang lebih baik,”kata Hj. Dewi Handajani.

Hj. Dewi Handajani Bupati Kabupaten Tanggamus

Sementara itu, istri Sekdakab Tanggamus Nuraini Hamid Lubis sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan itu. “Alhamdulillah program dari bapak Penggerak dan Duta Literasi terus berjalan dan berkontribusi serta bisa ada manfaatnya. Yang tadi seminggu dua kali dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis, agar lebih efektif alat-alat musik dan sebagainya maka saat ini dilakukan seminggu sekali yaitu pada hari Selasa,” ujarnya.

Istri Sekdakab Tanggamus Nuraini Hamid Lubis

“Dan manfaat dari kegiatan ini, saya rasa sangat banyak sekali. Baik untuk orang tua anak-anak murid ini maupun anaknya agar mendapatkan banyak motivasi, bahagia dan ceria lagi dengan bisa belajar sambil bermain, mendengarkan dongeng, mewarnai dan bertemu teman baru dari sekolahan lain yang dijadwalkan setiap minggu dengan 2 sampai 3 sekolahan dari setiap kecamatan yang Paud dan TK serta saat ini masih dari Kecamatan Kota Agung,”ucapnya.

Mewakili Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Johan Wahyudi mengatakan kegiatan literasi di rumah ceria diikuti oleh murid TK dan PAUD Se-kecamatan Kota Agung yang diadakan setiap minggu dihari Selasa.

“Kegiatan hari ini seperti yang disampaikan tadi ibu Sekda, bagaimana kita turut memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan agar kedepan bisa bermanfaat buat anak-anak kita. Terlihat tadi anak-anak sangat antusias dalam mendengarkan materi yang diberikan pak Listian dengan dikemas melalui cerita dongeng dan juga wali murid turut diberikan wawasan melalui parenting (proses, cara, perbuatan mengasuh-red) oleh ibu Yeni Ernani tentang pemetaan bakat dan minat anak mereka sejak dini,”ujar Johan.

Kabid Dinas Perpusipda Johan (Baju Abu-abu sebelah kanan)

Listian yang kerap disapa Kak Tian selaku pendongeng Inspiratif sangat senang bisa berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam memberikan dongen Inspiratif di rumah ceria dengan antusias yang sangat luar biasa.

“Harapannya memberikan dongeng Inspiratif tidak hanya disekolah saja, melainkan bisa dijadikan sarana edukasi dirumah masing-masing oleh wali murid,”ucapnya.

Kemudian, Yeni Ernani pemateri dari Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia Global Potensi mengatakan jika materi yang ia berikan terkait bagaimana memberikan pemahaman kepada orang tua terkait anak yang memiliki potensinya masing-masing sehingga bisa mencari tahu bakat dan minat dan mengarahkan sesuai potensi yang dimiliki oleh anak.

“Karena mendidik anak tidak semerta-merta tanpa arah, maka dengan pemetaan minat dan bakat, pendidikan anak bisa terarah dan terfokus sesuai jalan potensi untuk meraih kesuksesannya,”ungkapnya. (Red/ Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *