LampungPesawaran

PSHT Pesawaran Siap Jaga Kondusifitas

Avatar photo
13
×

PSHT Pesawaran Siap Jaga Kondusifitas

Sebarkan artikel ini

TintaInformasi.com, Lampung —Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT adalah organisasi pencak silat yang didirikan di Madiun, Jawa Timur pada tahun 1922 oleh seorang pahlawan perintis kemerdekaan RI yaitu Ki Hajar Hardjo Oetomo.

PSHT awalnya bernama Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC) dan sudah berbentuk organisasi.

Dalam kongres pertamanya di Madiun tepatnya 25 Mei 1951, sesuai kesepakatan anggota, SH PSC kemudian berganti nama menjadi Persaudaraan Setia Hati Pemuda Sport Club.

Dan saat ini namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT.

Tentunya, dalam perjalanan organisasi ini tak lepas dari jasa dan perjuangan para tokoh penting, sehingga PSHT bisa menjadi besar dan sebarannya masif di seluruh Indonesia.

Para tokoh tersebut diantaranya Raden Mas Soetomo Mangkudjojo, Santoso Kartoatmodjo, Irsyad; Raden Mas Imam Koesoepangat dan Mas KRT Tarmadji Budi Harsono, SE.

Lima tokoh tersebutlah yang merumuskan dasar hingga merintis pengembangan organisasi pencak silat PSHT, dan ajarannya masih digunakan hingga saat ini.

Tak main-main, berkat peran 5 tokoh tersebut, PSHT sejak awal sudah memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) sebagai dasar sebuah organisasi.

Bahkan sampai mendirikan sebuah yayasan, mendirikan koperasi dengan melibatkan semua anggota, dan mengembangkan PSHT dengan membentuk banyak cabang di seluruh Indonesia.

Kelima tokoh itu juga membangun padepokan sebagai pusat kegiatan pencak silat, dan sekarang nama PSHT sudah dikenal melalui prestasi dalam berbagai kejuaraan di kancah nasional maupun internasional.

Dan sekarang, warga SH (sebutan anggota PSHT) tak hanya berpartisipasi untuk menoreh prestasi, namun juga berperan dalam menjaga kamtibmas di kehidupan masyarakat.

Seperti di Provinsi Lampung, khususnya warga PSHT Kabupaten Pesawaran yang menyatakan siap mendukung upaya Polda Lampung dan Jajaran dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

PSHT Pesawaran berkomitmen menjaga kondusifitas dan bersinergi dengan Polda Lampung, bekerjasama dalam menciptakan situasi aman kondusif, khususnya menjelang pelaksanaan pengesahan Warga Baru PSHT Tahun 2023 yang bertepatan dengan Bulan Muharam 1445 Hijriah.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *