Kota Metro

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Metro Adakan Sosialisasi Kebangsaan

Avatar photo
88
×

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Metro Adakan Sosialisasi Kebangsaan

Sebarkan artikel ini

Metro,Tintainformasi.com— Dengan mengusung tema ” Dengan Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan Kota Metro , Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Kota Metro” yang diadakan di gedung Sessat Nuwo Budayo Jl.Jend. Sudirman kota metro, Rabu (6/9/2023)

Dalam sambutannya Dra. Rosita M.M, Kaban Kesbangpol Kota Metro yg diwakili oleh sekretaris Kesbangpol Rismania

“kita ketahui bersama bangsa Indonesia penuh dgn suku,budaya, bahasa , agama dan etnis . FPK dibentuk guna menyatukan smua suku, bangsa,agama , bahasa dan etnis, agar terbentuknya masyarakat damai, tentram , nyaman dan bersinergi, Tampa melihat perbedaan.” Ujarnya

Sambutan dari ketua FPK yang diwakili bapak Hi Nasriyanto Efendi menyampaikan bahwa
Bangsa Indonesia terkenal dengan multi kultural terdiri dari berbagai Ras, suku, etnis, Budaya dan agama, adanya FPK bertujuan untuk merangkul smua ras, suku, etnis dalam satu wadah agar semua Masyarakat kota metro menjadi kondusif,aman dan nyaman.

Kodim 0411/ Kota Metro yang diwakili oleh pasi Intel kodim 0411/Metro kapten Yatiman S.H memberikan mengingatkan kembali mengenai pembauran kebangsaan yang difasilitasi oleh Kesbangpol , Kebangsaan suatu komitmen hati nurani membangun ikatan emosional dan rasional diantara berbagai realitas kesukuan, ras, agama, warna kulit dan budaya serta kepentingan yang berbeda, rasa kebangsaan adalah kesadaran berbangsa yakni rasa yang lahir secara alamiah karena adanya kebersamaan sosial yg tumbuk dari budaya, sejarah dan aspirasi perjuangan masa lampau menuju Indonesia damai sejahtera.

Dalam penjabaran mengenai FPK berdasarkan atas Hukum UUD Tahun 1945 Pasal 32.ayat (1) yang berbunyi ” Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2012 tentang pedoman pemberian tanda penghargaan pembauran kebangsaan.

Apa Itu Pembauran Kebangsaan ?
Pembauran kebangsaan adalah proses integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat,seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia Tampa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka NKRI.

Tugas FPK sendiri adalah,
1. Menjaring aspirasi masyarakat
2. Menyelenggarakan Forum Dialog
3. Menyelenggarakan sosialisasi
kebijakan pembauran
4. Merumuskan Rekomendasi

Manfaat FPK antara lain.
1. Penyebarluasan pemahaman mengenai pembauran kebangsaan
2. Meningkatkan kesadaran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3. Mendorong persatuan dan kesatuan bangsa
4. Memperkuat ketahanan nasional
5. Memantapkan eksistensi dan keberlangsungan berbangsa dan bernegara

Pembauran Kebangsaan merupakan tangung jawab bersama antara Pemerintah Daerah, Masyarakat dan seluruh komponen yang ada di daerah terutama di kota metro.( Habi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *