Pesawaran

HNSI Pesawaran Dukung Nelayan Ikut Pelatihan Keselamatan Berlayar

Avatar photo
88
×

HNSI Pesawaran Dukung Nelayan Ikut Pelatihan Keselamatan Berlayar

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, PESAWARAN – Beberapa waktu lalu viral berita ditemukannya mayat nelayan di Pesisir Pantai Bakauheni dan Kotaagung. Ini mengundang keprihatinan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pesawaran Evi Susina dan caleg DPRD Kabupaten Pesawaran Muhammad Rinaldi Alzier.

Menurut Rinaldi, masih banyak nelayan yang belum memahami ilmu dasar keselamatan selama berlayar. Untuk itu Rinaldi mendukung HNSI Pesawaran yang mengirim sejumlah perwakilan mengikuti pelatihan keselamatan berlayar. Ini penting agar nelayan tak abai dengan keselamatan selama bekerja.

“Pelatihan digelar di Banten selama tiga hari. Kami diajari cara-cara untuk mencegah dan menangani kendala teknis serta menyelamatkan nyawa penumpang,” jelas Zainal, salah satu peserta.

Mewakili Ketua HNSI Kabupaten Pesawaran, Wakil Ketua DPC Gerindra Pesawaran Rinaldi Alzier menyerahkan sertifikat keterampilan nelayan untuk warga di Kecamatan Punduh Pidada.

“Warga yang mendapatkan sertifikat ini sudah mengikuti pelatihan dasar keselamatan untuk kapal perikanan dan pelayaran dalam negeri,” ujar Rinaldi saat menyerahkan sertifikat.

“Selain berkebun, memang mayoritas warga di sini banyak yang bekerja sebagai nelayan. Saya harap dengan adanya pelatihan seperti ini masyarakat dapat terhindar dari mara bahaya dan Insyaallah jadi lebih mudah juga dalam mencari pekerjaan ke depannya,” Rinaldi.

Zainal, berterimakasih kepada Rinaldi dan Evi yang sudah memperjuangkan kualitas SDM nelayan di Pesawaran. “Sukses selalu dan semoga ke depannya ada program-program bermanfaat seperti ini lagi untuk kami warga pesisir Pesawaran,” tutup Zainal, warga Punduh Pidada. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *