Tanggamus

Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan, Rutan Kota Agung Gelar Apel Bebas Halinar, Razia Kamar dan Tes Urine.

Avatar photo
55
×

Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan, Rutan Kota Agung Gelar Apel Bebas Halinar, Razia Kamar dan Tes Urine.

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, TANGGAMUS — Dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas ll B Kota Agung menggelar Apel Bebas HALINAR (Handphone, Pungli dan Narkoba), Razia Kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Tes Urine baik terhadap Petugas maupun terhadap WBP, Jumat (5/4/2024).

Dalam pelaksanaan Apel Bebas ini, pihak Rutan Kelas ll B Kota Agung didukung oleh berbagai aparat, diantaranya Kepolisian, TNI dan BNNK Tanggamus, dan dari hasil gelar Apel tersebut para Petugas menemukan berbagai barang bukti yang telah dilakukan penyitaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kotaagung Benny Muhammad Saefulloh di dampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan ( KPR ) Habibie Agusman mengatakan, hasil razia ditemukan beberapa barang yang dilarang. Mulai dari sendok, botol kaca, alat cukur kumis, korek gas, Hanger Kawat, Kartu Remi dan terminal listrik.

“Ada berbagai barang yang sebenarnya terlarang, ditemukan petugas dalam razia ini. Namun kami tidak menemukan benda-benda seperti narkoba dan Handphone,” terangnya.
Razia dilakukan dengan menggeledah kamar hunian yang ditempati narapidana dan tahanan tersebut antara lain melibatkan petugas dari Kepolisian, TNI dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanggamus serta petugas tim Satops Patnal Rutan Kotaagung. “Ada sekitar 40 personil terlibat dalam razia,” jelasnya.

Lebih lanjut Benny mengatakan, razia mendadak ini dilakukan untuk mencegah masuknya benda-benda terlarang seperti narkoba.” Karena selain dalam rangka mencegah kemungkinan masuknya narkoba di dalam lingkungan rutan, kita juga meminimalisir penggunaan handphone dan senjata tajam pada narapidana dan tahanan,” tegasnya.

Selain melaksanakan Razia, Rutan kota agung Juga melaksanakan Test urine kepada 8 orang WBP dan 2 orang petugas Rutan Kota Agung.

“Selain melaksanakan razia kita juga melakukan tes urine bagi WBP dan Petugas Rutan Kota Agung yang langsung di pilih secara acak oleh pihak BNNK dan Kepolisian, alhamdulillah hasilnya negatif Narkoba. Saya berharap para petugas terus dapat memberikan yang terbaik untuk warga binaan didalam Rutan Kotaagung dan saya siap mendukung semua program pemerintah terhadap pemberantasan narkoba mau itu diluar atau didalam Rutan,” tandasnya.

(Chandra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *