Bandar Lampung

Pemanfaatan Maksimal Pelabuhan Panjang Selama Arus Balik Lebaran 2024 Diapresiasi Menko PMK

Avatar photo
197
×

Pemanfaatan Maksimal Pelabuhan Panjang Selama Arus Balik Lebaran 2024 Diapresiasi Menko PMK

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Bandar Lampung—  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengapresiasi pemerintah dan jajaran kepolisian daerah Lampung telah memaksimalkan pemanfaatan jalur penyeberangan alternatif arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Panjang.

 

Muhadjir mengatakan, pemanfaatan Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung sudah sangat baik dalam melayani penyeberangan pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya di tahun ini.

 

“Terima kasih kepada pemerintah daerah, ASDP, dan pak Kapolda sudah luar biasa, bagaimana kita betul-betul memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan Pelabuhan Panjang ini,” ujarnya saat meninjau pelabuhan setempat, Minggu (14/4/2024).

 

Menurut Muhadjir, keberadaan pemanfaatan Pelabuhan Panjang amatlah strategi bagi para pemudik hingga lebih efisiensi dari segala sisi.

 

“Pemudik dapat menghemat waktu, BBM, hingga menghindari lelah karena jarah tempuh lebih singkat,” ucapnya.

 

Dikatakan, meski rute penyeberangan Pelabuhan Panjang – Ciwandan memiliki waktu pelayaran lebih panjang dibandingkan Pelabuhan Bakauheni – Merak.

 

Namun justru rute alternatif ini dapat dimanfaatkan para pemudik untuk waktu beristirahat, sebelum akhirnya kembali melanjutkan perjalanan setibanya di Pelabuhan Ciwandan.

 

“Ini malah bagus, bisa dimanfaatkan sebagai waktu santai menikmati suasana mudik maupun arus balik, daripada capek-capek dijalankan akan lebih baik beristirahat di kapal,” pungkas Muhadjir.

 

Oleh karenanya, ia berharap para pemudik asal Sumatera hendak kembali ke Jawa dapat memanfaatkan pilihan rute penyeberangan via Pelabuhan Panjang – Ciwandan.

 

“Keberadaan Pelabuhan Panjang ini harus disosialisasikan, karena bisa dipakai menampung kendaraan khusus selama arus mudik tahun ini,” tandasnya.

 

KABID HUMAS POLDA LAMPUNG

Kombes Pol Umi Fadilah Astutik.,S.Sos.,S.Ik.,M.Si

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *