Lampung

Mahasiswa FKIP Universitas Lampung Rasakan Nuansa Baru di PMM

Avatar photo
78
×

Mahasiswa FKIP Universitas Lampung Rasakan Nuansa Baru di PMM

Sebarkan artikel ini

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG – Abi Qolbi Umayroh Tio Put, mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Unila angkatan 2021, baru saja kembali dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Abi adalah salah satu mahasiswa yang merasakan manfaat dan kegembiraan dari program pertukaran mahasiswa yang diadakan oleh Kemdikbudristek.

Pertukaran mahasiswa adalah kesempatan luar biasa bagi mahasiswa untuk menjelajahi pengalaman belajar di kampus lain di Indonesia.

Abi memutuskan untuk bergabung dengan PMM setelah mendengar informasi dari teman yang telah mengikuti program ini sebelumnya.

Minatnya untuk ikut serta dalam program ini mendorongnya untuk bersiap-siap, mulai dari proses pengumpulan berkas hingga melewati seleksi tes wawasan kebangsaan.

Bagi Abi, PMM bukan hanya sekadar program akademis biasa.

Ini adalah kesempatan langka untuk merasakan belajar di lingkungan baru, bertemu dengan mahasiswa dari daerah-daerah berbeda, dan memperkaya pengalaman hidup.

Dia memilih untuk mengikuti program ini di semester enam, mengambil manfaat dari waktu yang tersisa sebelum fokus pada penulisan skripsi.

Selama menjalani PMM, Abi berhasil mengatasi berbagai tantangan seperti adaptasi dengan budaya lokal, biaya hidup, dan pola belajar mengajar di lingkungan yang baru baginya.

Persiapan matang sebelumnya memberikan Abi keunggulan dalam menghadapi semua itu.

“Kegiatan PMM di sini begitu menyenangkan, terlebih bisa memiliki teman baru. Bahkan, kita berkesempatan untuk menjelajahi daerah lainnya lewat modul nusantara,” ujar Abi, menggambarkan kegembiraannya selama program, Senin, 22 April 2024.

Abi sangat berterima kasih kepada Universitas Lampung (Unila) yang memberinya kesempatan untuk mengikuti PMM.

Dia berharap Unila akan terus menjadi bagian dari program ini di masa mendatang dan mendorong mahasiswa lain untuk mengambil peluang serupa.

Dengan semangatnya, Abi mendorong mahasiswa lain untuk memanfaatkan peluang-peluang seperti PMM.

Baginya, program semacam itu adalah kesempatan langka yang tidak boleh dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *