Lampung

Pastikan Kondisi Aman dan Bebas Pungli, Rutan Bandar Lampung Razia Mendadak Kamar Napi

Avatar photo
188
×

Pastikan Kondisi Aman dan Bebas Pungli, Rutan Bandar Lampung Razia Mendadak Kamar Napi

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Way Hui Lampung— Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandar Lampung kembali melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) atau razia blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP). Sidak dilakukan oleh Petugas Pengamanan Rutan, didampingi aparat TNI dan Polri setempat, pada Senin, 3/6/2024.

 

Dalam pelaksanaannya, Pos Koramil Jati Agung di bawah Koramil 421-09/TJB mengerahkan 3 personel, dan juga Polsek Jati Agung mengerahkan 3 personelnya untuk membantu kegiatan razia.

 

Alfian, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan menjelaskan, pihaknya melakukan razia barang-barang terlarang dan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban Rutan. Selain itu, pihaknya juga melakukan tes urin secara acak.

 

“Hari ini kami melakukan razia insidentil, kami laksanakan mendadak, sesuai dengan kepentingan organisasi. Salah satunya mengantisipasi gangguan-gangguan keamanan maupun barang terlarang yang masuk ke Rutan,” kata Alfian kepada awak media, Senin, 3/6.

 

Alfian bilang, pihaknya menyisir blok hunian warga binaan, yang menjadi titik-titik rawan atau mendapat atensi dari staf pengamanan. Setiap blok, dipilih tiga kamar untuk dirazia.

“Hasil razia, Alhamdulillah tidak terdapat handphone, hanya terdapat kartu, sendok, gelas, dan barang pecah belah. Kami juga melakukan tes urin 30 secara acak, hasilnya semua negatif,” bebernya.

 

Nantinya, lanjut Alfian, barang hasil razia akan dikumpulkan, lantas dilakukan pemusnahan secara massal pada akhir tahun.

 

“Upaya ini, selain dilakukan untuk mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtib yang berasal dari dalam Rutan, juga untuk mengklarifikasi berita miring yang beredar di media-media online dan juga menepis keraguan masyarakat terhadap Rutan Bandar Lampung,” imbuh Alfian.

 

Sebab, kata dia, apabila kepercayaan publik yang sudah terbangun sebelumnya terkontaminasi akan informasi bohong atau hoax, tentu menimbulkan efek negatif dan merugikan, berita di kutip dari voxlampung.com

“Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun ada hal yang ingin di sampaikan oleh masyarakat, silahkan untuk datang ke Rutan, ke bagian pengaduan atau dapat menghubungi melalui nomor pengaduan yang telah disediakan pihak Rutan Bandar Lampung,” jelasnya.

 

Sementara itu, Serma Indrato, Wakil Komandan Pos Jati Agung menjelaskan, pihaknya turut hadir mendampingi proses razia tersebut sebagai bentuk dukungan TNI demi mewujudkan lingkungan Rutan yang aman dan kondusif.

 

“Instansi TNI khususnya wilayah Koramil Jati Agung selalu mendukung apa-apa yang menjadi kebijakan Rutan Kelas I Bandar Lampung,” tegas Serma Indrato. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *