LampungPesawaran

PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DI KECAMATAN MARGA PUNDUH,KETUA TP PKK PESAWARAN DISAMBUT DENGAN CARA ADAT BUDAYA

Avatar photo
576
×

PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DI KECAMATAN MARGA PUNDUH,KETUA TP PKK PESAWARAN DISAMBUT DENGAN CARA ADAT BUDAYA

Sebarkan artikel ini
PEMBENTUKAN KAMPUNG KB DI KECAMATAN MARGA PUNDUH,KETUA TP PKK PESAWARAN DISAMBUT DENGAN CARA ADAT BUDAYA

Tintainformasi.com, Pesawaran-Lampung — Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Hj.Nanda Indira menghadiri Pembentukan dan Pembinaan Kampung KB tingkat Kabupaten di Desa Pekon Ampai Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran,Rabu ( 12/06/2024 )

Kegiatan tersebut di laksanakan dengan mengusung Tema Pembentukan dan Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas ( Kampung KB) Serta Kegiatan – Kegiatan PKK Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2024.

Ketua TP PKK beserta rombongan setibanya di Desa Pekon Ampai kemudian di tempatkan oleh panitia di Mantakhagung Lamban Balak Pekon Ampai Makhga Punduh.

Kemudian sebagai bentuk penghormatan,Pemdes dan masyarakat setempat kemudian menyuguhkan berbagai kesenian adat budaya seperti Tari Pedang, Tari sigeh Pengunten,Tabuh Lama,Peredap dan rebana.

Camat marga punduh Agus Rohman dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim pembentukan dan pembinaan Kampung KB Kecamatan Marga Punduh.

“Lokus kampung di Kecamatan Marga punduh tahun 2024 terletak di Desa Pekon ampai, Kampung KB ke tujuh sebelumnya ada di Desa Pahang, Desa Sukajaya Punduh,Desa Penyandingan, Desa Kampung Baru dan Desa Kunyaian,”Terangnya.

“Adapun tujuan dari pada pembentukan dan pembinaan Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang setara melalui program pembangunan Kelurga Kependudukan dan Keluarga Berencana atau yang di singkat dengan Bangga Kencana,”Kata Agus Rohman.

Lanjutnya, Sedangkan pembangunan dalam sektor lainya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkwalitas serta dalam rangka menurunkan angka stanting di kabupaten Pesawaran,”Ujarnya.

“Saya memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada masyarakat Pekon Ampai, Jajaran kader PKK Desa,Poktan,Aparatur Desa,dan Tokoh Penyimbang adat dan tokoh masyarakat yang keterkaitan di kecamatan Marga Punduh,”Ucap Camat Marga Punduh Agus Rohman.

Sementara ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Hj.Nanda Indira Dendi dalam sambutannya mengatakan bahwa perlu adanya komitmen bersama dalam pembangunan keluarga dan masyarakat.

“Saya mengharapkan peran serta dan partisipasi aktip semua pihak terkait agar Kampung keluarga berkwalitas di Kabupaten Pesawaran dapat kita wujudkan,”Kata ketua TP PKK Pesawaran berharap.

“Hari ini juga saya bersama bapak Asisten dan Dinas terkait membawa beberapa bantuan harapannya bisa bermanfaat untuk yang menerima bantuan hari ini baru dalam bentuk simbolis tidak diterima secara Cas namun akan di transfer melalui rekening masing – masing penerimanya,”Terangnya.

“Semoga kita semua yang hadir dalam kegiatan ini sehat walafiat,”Ucap Nanda Indira Dendi Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran.

Di tempat terpisah di hadapan awak media,Ridwan Kepala Desa Pekon Ampai mengucapkan,”Alhamdulillah Acara ini sudah kita laksanakan kita sudah menyambut ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Ibu Hj.Nanda Indira secara adat yang di tempatkan di rumah singgah di rumah adat dimantakhagung atau Lamban Balak Desa Pekon Ampai,”Kata Ridwan.

“Disana ibu Hj.Indira di beri pakaian adat secara lengkap seperti halnya tamu tamu yang lainnya yang datang ke Desa Pekon Ampai atau turun dari Lamban Balak,” Terangnya.

Lanjut Ridwan, “Ibu Hj.Nanda Indira kemudian di arak layaknya seorang pengantin di dampingi ibu wabub dan ibu Asisten dua kemudian di arak dengan tari pedang di iringi tabuh Lama dan Makhdab dan rebana,sesampainya di tempat acara utama di sana ada sanggar seni budaya Pekon Marga Punduh melakukan tari penyambutan dan di lanjutkan Tari sigeh Panganten lalu di tutup dengan tari Bedana.”bebernya.

“Ini kita lakukan sebagai bentuk persembahan dari sanggar seni Pekon Bandakh Marga Punduh Alhamdulillah seluruh masyarakat Pekon Ampai ataupun Undang dari Desa-Desa Lain sangat antusias,”Ungkap Ridwan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas antusias semua pihak atas kerjasamanya baik dari pantai kecamatan dan panitia dari Pemdes Pekon Ampai sehingga acara Kampung KB Desa Pakon Ampai Tingkat Kabupaten bisa terlaksana dengan baik,sukses aman dan lancar,Ucap Ridwan

Ridwan juga mangatakan bahwa dalam kegiatan tersebut ada poin poin penting halnya terkait pembinaan kader-kader PKK,kader Posyandu,kader KPM dan kader – kader lainya berkenaan dengan program Kampung KB di Desa tersebut.

Menurut Kades Pekon Ampai ( Ridwan) kegiatan Kampung KB yang di gelar di Desa Pekon Ampai sangat sesuai dengan apa yang di cita-citakan Desa Pekon Ampai yakni ingin mewujudkan Desa wisata budaya mengkombinasikan dengan persembahan-persembahan adat dan budaya yang ada di Desa Pekon Ampai.

(Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *