Scroll untuk baca artikel
Mirza-Jihan
Ogan IlirOKI

Desa Pulau Semambu Raih Penghargaan “ProKlim” Lestari Tahun 2024 dari Menteri LHK RI Siti Nurbaya

33
×

Desa Pulau Semambu Raih Penghargaan “ProKlim” Lestari Tahun 2024 dari Menteri LHK RI Siti Nurbaya

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Tintainformasi.com, Ogan Ilir —Dinilai berprestasi berskala Nasional, Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Sumsel, berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang secara langsung diberikan Menteri KLHK Siti Nurbaya Kepada Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar yang didampingi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ogan Ilir Mira Diani dan Kepala Desa Pulau Semambu Eka Rahmawati.

Dinilai berperan penuh dalam memfasilitasi Desa Pulau Semambu dan instansi terkait, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir juga menerima reward Progam Kampung Iklim Tahun 2024, dari Kementerian Lingkungan

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada Festival LIKE 2 di Jakarta Convention Center, jumat 9/8/2024 kemarin. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 893 Tahun 2024.

Kepala Desa Pulau Semambu, Eka Rahmawati mengatakan, terima kasihnya kepada Bupati Ogan Ilir yang telah memberikan dukungannya selama ini untuk Desa Pulau Semambu.

“Sehingga Desa Pulau Semambu dapat meraih penghargaan ini. Terima kasih juga khusus kepada PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Palembang atas bantuan CSR selama ini,” kata Eka sabtu (10-8-2024)

Eka berharap, Pertamina terus berkomitmen untuk memberikan inovasi terbaik dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, untuk mendukung capaian Environmental Social and Corporate Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs) No.13.

Sebelumnya, pada 31 Juli 2024 lalu, Desa Pulau Semambu juga menerima penghargaan Program Kampung Iklim Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024 dari Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, dalam acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Dikatakan Eka, bahwa masyarakat Desa Pulau Semambu siap dan kompak untuk melestarikan lingkungan, menjaga sumber alam dari dampak perubahan iklim demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Prestasi ini akan kita pertahankan secara berkelanjutan dan kegiatan Proklim ini akan direplikasikan ke lokasi lain,” tutup Eka.

Terpisah, Supervisor I HSSE IT Palembang, Galih Rakasiwi mengatakan, bahwa Proklim Desa Pulau Semambu ini telah meraih penghargaan Proklim Utama di tahun sebelumnya.

Harapan kedepannya, Pertamina akan selalu berkomitmen untuk mendukung kegiatan yang bersifat lingkungan supaya antara lingkungan dan perusahaan dapat selalu bersinergi.

“Melalui program ini, Pertamina menunjukkan komitmen dalam mengendalikan perubahan iklim dengan berpegang pada Sustainable Development Goals (SDGs) No 13,” katanya.

Penghargaan itu, diberikan karena Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, membangun Program Kampung Iklim (ProKlim) di daerahnya.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Ogan Ilir, Mira Diani, saat ini sudah ada 35 Desa di Kabupaten Ogan Ilir yang terdaftar pada Sistem Registrasi Nasional KLHK.

“Tahun ini, Desa Pulau Semambu sudah meraih penghargaan Proklim Lestari yang didukung oleh PT Pertamina Integrated Terminal,” sebutnya, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Program Kampung Iklim (ProKlim), merupakan program nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat.

“Serta seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal, untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca,” paparnya.

Sebelumnya, pada bulan lalu, Pemkab Ogan Ilir juga mendapatkan penghargaan Nirwasitatantra dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Untuk diketahui, Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, menjadi salah satu Desa yang berhasil meraih penghargaan tertinggi Poklim kategori Lestari berskala Nasional.

Sementara itu, Supervisor I HSSE IT Palembang, Galih Rakasiwi mengatakan, bahwa Proklim Desa Pulau Semambu ini telah meraih penghargaan Proklim Utama di tahun sebelumnya.

Harapan kedepannya, Pertamina akan selalu berkomitmen untuk mendukung kegiatan yang bersifat lingkungan supaya antara lingkungan dan perusahaan dapat selalu bersinergi.

“Melalui program ini, Pertamina menunjukkan komitmen dalam mengendalikan perubahan iklim dengan berpegang pada Sustainable Development Goals (SDGs) No 13, jelasnya. (Abs/mdy)

Mirza-Jihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *