LampungTanggamus

Dalam Rangka PMI HPP Haornas dan Harhubnas, Usai Upacara Pj Sekda Tanggamus Serahkan Piagam Pemenang Lomba 

62

Tintainformasi.com, Tanggamus — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus Menggelar Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI), Hari Pamong Praja (HPP), Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, bertempat di Lapangan Pemda Tanggamus. Selasa, (17/9/2024).

Dalam Upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus Ir. Suaidi. MM. Dihadiri Forkopimda, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati , Para Kepala Perangkat Daerah Tanggamus, para Kaban, Kabag, Kepala BNN Tanggamus, Kepala BPS, Kepala Instansi Vertikal/BUMN dan BUMD SeKabupaten Tanggamus, Ketua PMI Tanggamus, Para Camat dan Ketua APDESI Kab.Tanggamus, para Ketua Organisasi, insan olahraga dan Insan Pers.

PJ Sekretaris Daerah Ir. Suaidi, MM., dalam sambutanya mengatakan, Hari jadi PMI kita peringati setiap tanggal 17 September, genap berusia 74 tahun. PMI dengan slogan-nya “Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama” adalah Sebuah organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. “PMI mengabdikan diri untuk membantu orang-orang yang membutuhkan,” kata Suaidi.

Kemudian, lanjut Suaidi, Relawan PMI membantu mereka tanpa memandang dari mana mereka berasal, bahasa yang mereka gunakan atau warna kulit mereka. Insan-insan PMI selalu mau dan mampu bekerja secara ikhlas.

Selanjutnya, Pj Sekda menegaskan, Setiap Tanggal 8 September diperingati Hari Pamong Praja ke-74. Pamong Praja dikenal dalam penyelenggaraan pemerintahan di negeri kita. “Tugas utama yang diemban oleh para Pamong Praja adalah tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan umum,” tegasnya.

Tugas-tugas ini antara lain adalah pembinaan ideologi Pancasila, pembinaan kesatuan bangsa, pembinaan politik dalam negeri, hingga tugas pembinaan ketentraman dan ketertiban umum. Selain itu, para Pamong Praja juga memiliki tugas untuk melakukan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah-daerah.

Momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) jelas Suaidi, jatuh setiap tanggal 9 September, dijadikan momentum mengajak seluruh lapisan elemen masyarakat untuk cinta dan peduli terhadap olahraga. “Saya menghimbau kepada Warga Tanggamus agar mengajak anak-anak kita untuk rajin berolahraga, karena dapat menghindarkan anak-anak dari perilaku destruktif yang tidak bermanfaat,” himbaunya.

Dijelaskan Suaidi, bahwa Gedung Olahraga milik Pemda tersebut, menjadi Lokasi berbagai event, baik event Olahraga, event Budaya, Bazar/expo, sampai pelaksanaan Musrenbang Kabupaten pun dilaksanakan disana.

GOR Ratu jadi lokasi pertandingan Pekan Olahraga Kabupaten, pertandingan dan kejuaraan-kejuaraan Daerah dari berbagai cabang olahraga. Dan awal bulan ini telah dilaksanakan pula di GOR Ratu, Kompetisi/lomba antar kecamatan seKabupaten Tanggamus dalam rangka Bulan Kemerdekaan dan Haornas, yaitu

Lomba Senam, Kompetisi Bulutangkis, Tenis Meja dan Bola Voli.

Dikesempatan itu, Sekda juga mengucapkan selamat kepada pihak pemenang lomba, diantaranya :

1. Lomba Senam Kesegaran Jasmani Putra-putri tingkat SLTP seKabupaten Tanggamus:

 Juara I, MTs N 1 Tanggamus, Kec. Kotaagung;

 Juara II, SMPN 1 Semaka;

 Juara III, SMP Erlangga, Kec. Kotaagung Timur;

 Juara IV, SMP Muhammadiyah 3 Wonosobo.

 

2. Kompetisi Bulu Tangkis Putra:

 Juara I, atas nama (A/n) Syukron Ridiq dari Kec. Semaka;

 Juara II, A/n Mulya Setiawan dari Kec. Wonosobo;

 Juara III, A/n Dafa Triwibowo dari Kec. Air Naningan;

 Juara IV, A/n Abi Garam dari Kec. Ulu Belu;

 

3. Kompetisi Tenis Meja Putra:

 Juara I, atas nama (A/n) Bima Wijaya dari Kec. Semaka;

 Juara II, A/n Danil dari Kec. Kota Agung Timur;

 Juara III, A/n Steven dari Kec. Gisting;

 Juara IV, A/n Agung dari Kec. Pulau Panggung;

 

4. Kompetisi Bola Voli Pelajar Putra, antar kecamatan:

 Juara I, Kecamatan Ulu Belu;

 Juara II, Kecamatan Semaka;

 Juara III, Kecamatan Pematang Sawa;

 Juara IV, kecamatan Sumberejo;

 

Puncak peringatan Haornas, menurut Suaidi, Tahun ini lebih spesial karena bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut. Dari tanggal 9 s/d 20 September 2024, sebanyak 12.919 atlet dari seluruh penjuru tanah air, dari 38 Provinsi se-Indonesia membela daerahnya masing-masing pada even PON XXI Tahun 2024 tersebut.

Kita sebagai warga Tanggamus patut berbangga karena terdapat 7 atlet asal Tanggamus, saat ini berlaga di 3 Cabang Olahraga membela Provinsi Lampung. Yaitu Cabor Sepak Takraw, Pencak Silat dan Kick Boxing.

Informasi terakhir, bahwa atlet Tanggamus yang berlaga pada PON tersebut, berhasil meraih Medali Emas Pencak Silat atas nama Muhammad Wildan, asal Kecamatan Gisting. Lalu atlet Sepak Takraw dari Tanggamus juga berhasil meraih medali Perunggu sedangkan atlet Kick boxing hari ini masih dipertandingkan.

Selanjutnya, setiap tanggal 17 September, kita juga memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) dan tahun ini adalah Harhubnas ke-54, yang bertema “Transportasi Maju Nusantara Baru“.

Peringatan Harhubnas merupakan momentum yang tepat bagi segenap insan perhubungan untuk meresapi kembali makna semboyan perhubungan “Wahana Mang hayu Warga Pertiwi” yang artinya perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan negara. Perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam keberhasilan Pembangunan.

Diketahui, Setelah kegiatan Upacara Bendera, tampak diserahkan Piagam Penghargaan kepada para pemenang Lomba oleh PJ Sekretaris Daerah Suaidi yang juga di Dampingi Forkopimda Tanggamus. (Rls/Hadi)

Exit mobile version