Scroll untuk baca artikel
Lampung

Pj Gubernur Mau Jum’atan di Masjid yang Telah Habiskan 36,35 M di Kotabaru

89
×

Pj Gubernur Mau Jum’atan di Masjid yang Telah Habiskan 36,35 M di Kotabaru

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Lampung — Ada kabar gembira yang layak disambut dengan senyuman. Apakah itu? Tidak lain adanya rencana Pj Gubernur Lampung, Samsudin, dan jajaran pejabat pemprov akan melaksanakan Solat Jum’at bersama lagi di Masjid Agung Al-Hijrah, Kotabaru Lampung, di Jati Agung, Lampung Selatan. Diketahui, bangunan masjid yang hanya berbentuk kerangka itu telah menghabiskan APBD Lampung tidak kurang dari Rp 36,35 miliar.

Kapan untuk kedua kalinya masjid yang terbengkalai bertahun-tahun itu akan digunakan untuk melaksanakan Solat Jum’at bersama para petinggi Pemprov Lampung? Besar kemungkinan akan dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 Oktober 2024 mendatang.

Scroll Untuk Baca Artikel
IKLAN HUBUNGI KAMI

Namun, untuk kepastian waktunya menunggu hasil rapat pembahasan persiapan Solat Jum’at Bersama di Masjid Kotabaru yang digelar Selasa (22/10/2024) siang di ruang rapat Staf Ahli Gubernur Lampung.

Mengacu pada Agenda Harian Gubernur Lampung, Selasa, 22 Oktober 2024, rapat membahas persiapan Solat Jum’at Bersama di Masjid Kotabaru itu akan dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik (PHP), Ganjar Jationo.

Diagenda tertulis, rapat tersebut diikuti oleh Kepala BPBD, Rudy Syawal Sugiarto, Kepala Dinas PKPCK, Thomas Edwin, Kepala Dinas Perhubungan, Bambang Sumbogo, Kepala Satuan Pol PP, Zulkarnain, Kepala Biro Adpim, Yudy Hermanto, Sekretaris BPKAD, Sekretaris Dinas BMBK, Kabag pada Biro Kesra, dan beberapa lainnya yang telah ditentukan.

Seperti diketahui, Pj Gubernur Samsudin untuk pertama kalinya mengajak jajaran pejabat eselon II dan beberapa eselon III melaksanakan Solat Jum’at di Masjid Kotabaru –yang diusulkan oleh Samsudin bernama Masjid Al-Hijrah- pada tanggal 6 September 2024 lalu.

Saat itu, selepas memberikan briefing terkait Netralitas ASN pada Pilkada Serentak di Provinsi Lampung yang dilaksanakan juga di Kotabaru, Pj Gubernur mengajak seluruh jajaran pejabat eselon II dan eselon III yang hadir untuk melaksanakan Solat Jum’at di masjid setempat. Dan karena sebelumnya para pejabat telah disampaikan untuk membawa sajadah, maka prosesi ibadah pun berlangsung khidmat.

Seusai acara keagamaan sakral tersebut, kondisi masjid yang masih sangat jauh dari layak itu pun kembali “nelongso”. Dan saat media ini melakukan “kunjungan” pada 2 Oktober lalu, kondisinya sungguh memprihatinkan.

Mengapa demikian? Karena hampir seluruh lantai dasarnya digenangi air. Percikan dari hujan beberapa hari belakangan. Mengembang pada beberapa bagian. Bahkan terdapat genangan air yang telah berlumut dalam lingkaran yang cukup lebar.

Miris betul melihat kondisi ini. Bagaimana mungkin Rumah Allah dibiarkan begitu saja. Padahal, secercah harapan terlanjur mencuat kepermukaan, seiring langkah spektakuler yang dilakukan Pj Gubernur Lampung, Samsudin, dengan menggelar Solat Jum’at perdana pada 6 September 2024 lalu di masjid yang memang 95% hanya kerangka bangunan tersebut.

Mulai “diberdayakannya” masjid di Kotabaru saat itu –apalagi dengan penegasan penuh “pembiusan” dari Pj Gubernur Samsudin bahwa: “Mari kita bangun Kotabaru dari masjid”- memunculkan banyak rona optimisme. Bukan hanya di kalangan pejabat yang hadir, namun juga bagi warga yang berdomisili di sekitar kawasan tersebut.

Namun apa yang terjadi? Itulah pertama kalinya bangunan masjid tersebut dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan Sang Ilahi Rabbi. Seusainya, tidak ada lagi kegiatan bernuansa agama dalam bentuk apapun. Masjid di Kotabaru kembali seperti semula. Bangunan kerangka yang terbengkalai dan sudah mulai uzur. Bahkan, warga pemanfaat lahan sekitar –yang menanam singkong- menaruhkan sepeda motornya di dalam lokasi solat. Di lantai dasar. Salahkah mereka? Tentu saja tidak. Minimal tidak merasa bersalah.

“Yo nggak salah to, mas. Wong bangunan ini kan belum digunain buat solat. Rencananya emang buat masjid, tapi ya siapa yang bisa ngejamin nantinya tetep dijadiin masjid. Wong, belasan tahun ini semua bangunan disini juga mangkrak nggak jelas kok,” kata Sarmudin, seorang petani yang Rabu (2/10/2024) siang itu dengan santainya menaruhkan sepeda motor di lantai dasar bangunan masjid, seperti lima sejawatnya.

Untuk diketahui, bangunan masjid di Kotabaru Lampung ini telah menelan anggaran puluhan miliar pada belasan tahun silam. Melalui APBD Provinsi Lampung TA 2011 dikucurkan Rp 0,55 miliar, tahun 2012 ditambah Rp 5 miliar, dan pada tahun 2013 “meledak” anggarannya, digelontorkan sebanyak Rp 30,8 miliar. Total nilai masjid di Kotabaru itu Rp 36,35 miliar. Tetapi, kenyataan yang ada; bangunannya hanya berbentuk kerangka.

Dan, dalam kondisi yang sangat tidak layak disebut sebagai Rumah Allah itulah, rencananya Pj Gubernur Samsudin akan kembali melaksanakan Solat Jum’at bersama jajaran pejabat Pemprov Lampung di bangunan itu. (Team red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *