Scroll untuk baca artikel
LampungTanggamus

Polres Tanggamus Resmi Kukuhkan Komite Olahraga Polri, Dorong Peningkatan Kualitas SDM dan Prestasi Olahraga

45
×

Polres Tanggamus Resmi Kukuhkan Komite Olahraga Polri, Dorong Peningkatan Kualitas SDM dan Prestasi Olahraga

Sebarkan artikel ini

Tintainformasi.com, Tanggamus — Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Polri dan mendorong prestasi di bidang olahraga, Polres Tanggamus melaksanakan pengukuhan Komite Olahraga Polri (KOP) melalui sebuah upacara resmi di Aula Paramasatwika, Polres Tanggamus. Acara pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tanggamus, AKBP Rivanda, S.I.K., pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Pengukuhan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Kapolres Tanggamus Nomor KEP/25/X/BIN.2.4./2024 tertanggal 21 Oktober 2024 tentang Struktur Organisasi dan Susunan Pengurus Komite Olahraga Polri Polres Tanggamus.

Scroll Untuk Baca Artikel
IKLAN HUBUNGI KAMI

Dalam struktur organisasi tersebut, Wakapolres Tanggamus Kompol I Made Silpa Yudiawan, S.H., S.I.K., M.H., dipercaya sebagai Ketua Umum. Pengurus lainnya yang turut dikukuhkan adalah Kabagren Kompol Muji Harjono, S.E., sebagai Wakil Ketua Umum dan Kabag SDM AKP Sarwani, S.E., M.M., sebagai Ketua Harian.

Selain itu, pengurus utama lainnya yang dilantik meliputi Kasi Keu sebagai Bendahara, Kasi Dokkes sebagai Kepala Bidang Kesehatan, dan Kasubbag Watpers Bag SDM sebagai Sekretaris.

Struktur ini juga memperkenalkan kepala cabang olahraga (Cabor) yang baru, yakni Kabag Ops Kompol Samsuri, S.H., M.H., sebagai Kepala Cabang Olahraga Terukur, Kasat Samapta AKP Minan, S.H., sebagai Kepala Cabang Olahraga Permainan, Kabag Logistik AKP Musakir, S.H., sebagai Kepala Cabang Olahraga Akurasi, dan Kapolsek Kota Agung AKP Amsar sebagai Kepala Cabang Olahraga Bela Diri/Martial Art.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanggamus, AKBP Rivanda, menegaskan pentingnya pembinaan olahraga dalam rangka mencetak atlet-atlet Polri yang unggul dan berprestasi. Pembentukan Komite Olahraga Polri ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi para anggota Polri untuk mengembangkan potensi di bidang olahraga, baik secara fisik, mental, maupun sosial.

“Pembinaan terhadap atlet Polri yang berprestasi merupakan upaya strategis untuk menumbuhkan kecakapan dalam berolahraga. Di dalamnya terkandung nilai-nilai potensi jasmani, rohani, dan sosial yang penting untuk meningkatkan kualitas SDM Polri yang unggul menuju Polri yang presisi,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut, AKBP Rivanda menjelaskan bahwa Komite Olahraga Polri diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam membina dan meningkatkan prestasi olahraga di lingkungan Polri.

Sinergi yang efektif dengan masyarakat serta instansi terkait, termasuk KONI dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tanggamus, menjadi kunci sukses dalam melaksanakan program kerja komite ini.

“Kemitraan yang optimal dengan masyarakat dan sinergitas dengan instansi terkait seperti KONI dan Dispora sangat penting agar program ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi banyak pihak,” lanjutnya.

Kapolres Tanggamus menekankan bahwa pengurus inti cabang olahraga memiliki tugas penting dalam menyusun dan melaksanakan program kerja pembinaan secara berkelanjutan.

Pengurus cabang olahraga masing-masing bertanggung jawab atas cabang olahraga yang mereka pimpin dan diharapkan mampu memaksimalkan potensi para atlet di bawah bimbingan mereka.

Pengurus cabang olahraga yang baru dikukuhkan akan berperan aktif dalam menyusun rencana kerja yang terarah untuk mendukung perkembangan atlet-atlet Polri, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Dengan demikian, para atlet tidak hanya menjalankan tugas pokok mereka sebagai anggota Polri, tetapi juga dapat berperan sebagai duta olahraga yang mengharumkan nama institusi Polri di kancah olahraga.

“Melalui Komite Olahraga Polri, khususnya di lingkungan Polda Lampung, kami berharap kualitas SDM Polri semakin meningkat, baik dalam prestasi olahraga maupun dalam tugas-tugas kedinasan mereka. Atlet-atlet Polri yang berprestasi dapat memberikan kontribusi positif bagi citra Polri di mata masyarakat dan meningkatkan public trust,” jelas Kapolres.

Dalam acara pengukuhan ini, Kapolres Tanggamus juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah terpilih. Ia menggarisbawahi bahwa kerja sama dan komitmen yang solid antaranggota pengurus sangat penting untuk mencapai kesuksesan bersama dalam memajukan olahraga di lingkungan Polri.

“Atas nama Kapolda Lampung, saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh pengurus yang telah bersedia mengemban tugas ini. Dengan kebersamaan, saya yakin olahraga di lingkungan Polres Tanggamus akan semakin maju dan berprestasi,” ujar Kapolres.

Kapolres menutup sambutannya dengan menyatakan bahwa program pembinaan atlet Polri ini sejalan dengan program Kapolri yang menekankan transformasi Polri menuju institusi yang presisi. Transformasi tersebut, menurutnya, harus dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan menjadi harapan baru (new hope) bagi publik.

“Melalui program pembinaan prestasi terhadap atlet Polri, kami berupaya memberikan yang terbaik, tidak hanya bagi Polri, tetapi juga bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.

Dengan terbentuknya Komite Olahraga Polri Polres Tanggamus, diharapkan semangat olahraga akan terus tumbuh di kalangan anggota Polri, membawa prestasi gemilang, serta mempererat hubungan Polri dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan olahraga yang bermanfaat. (*)

Kota Agung, 22 Oktober 2024
Kasi Humas Polres Tanggamus
AKP M. Yusuf, S.H.
CP. 0813-7780-7622

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *